Desain Mainan Edukasi Sistem Lepas Bertema Hewan Khas Indonesia Untuk Anak Usia 5-7 Tahun

Novianto, Neza Yasser (2014) Desain Mainan Edukasi Sistem Lepas Bertema Hewan Khas Indonesia Untuk Anak Usia 5-7 Tahun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3409100049-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hewan adalah tema yang disenangi anak-anak, terbukti 98% dari responden anak umur 5-7 tahun menjawab mereka senang mata pelajaran tentang hewan, tetapi dibalik itu hanya sedikit dari mereka yang mengenal hewan khas Indonesia, hewan khas adalah salah satu identitas bangsa.Terlepas dari isu identitas bangsa, mainan adalah media yang tepat untuk sarana pembelajaran anak, mainan dengan tema yang disenangi anak akan membuat fungsi edukasinya optimal seperti edukasi tentang anatomi, habitat, morfologi hewan dan kemampuan visual spasial, sedangkan sistem lepas pasang juga memberi manfaat lain seperti melatih kemampuan motorik anak dan kreativitas.Papan mainan didesain supaya optimal sehingga pada permukaan bawah papan anak dapat bersosialisasi sambil bermain melalui desain board game, sedangkan permukaan atasnya dapat dijadikan permainan mencocokan bentuk yang dapat melatih kemampuan kognitif serta anak dapat merapikan mainan dengan senang.Mainan memakai beberapa desain sambungan yang tujuannya supaya dapat berartikulasi sehingga tidak membuat anak bosan.Metode penelitian ini adalah eksperimental dan mengembangkan landasan teori yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.Luaran yang diperoleh adalah sebuah serial dari desain mainan edukasi yaitu seri burung, memakai sistem lepas pasang dan desain board game tentang habitat hewan yang dilengkapi dengan set kartu.Kesimpulannya adalah penelitian ini menghasilkan desain mainan bermuatan edukasi motorik, visual spasial, kreativitas, kognitif, kreativitas, anatomi dan habitat hewan khas Indonesia serta melatih kemampuan sosial untuk anak umur 5-7 tahun ================================================================================================================== Children likes animal theme, proved by 98% of 5-7 years old kid respondent answered that they like subject about animal, but only a few of them knows about Indonesia typical animal, as a matter of course Indonesia typical animal could be a nation’s Identity.Regardless from nation’s identity issue, toys is an exact media for kid educational tool.Toys with theme that children liked will optimize its education function such as education about anatomy, habitat, animal morphology and visual spatial skill, whereas separated pairs system also give another benefit such as educate kid’s motor skill and creativity.Toys board is designed in order to optimal so that the lower surface can be used to kid’s social and play activity through board game design, while the upper surface can be used to matching shape game which can train cognitive skill and kid will happily tidy up their toys.Toys is apllying some joint designs were aim to be able articulates so it do not make children bored.This Research method is experimental and theoretical basis development adjusted with consumer needs.Output obtained is a series from education toys design which is the bird series, applying separated pairs system and board game design about animal habitat equipped with a card set.The conclusions is this research would produce a toys design contain with motor education, visual spatial, creativity, anatomy and Indonesia typical animal habitat, and train 5-7 years old social skill

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 745.2 Nov d
Uncontrolled Keywords: Maianan edukasi; hewan khas Indonesia; mainan hewan; edukasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:53
Last Modified: 17 Sep 2020 03:53
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81963

Actions (login required)

View Item View Item