Perancangan Konten Virtual Museum Mpu Tantular Sidoarjo

Chamdy, Tanya Liwail (2014) Perancangan Konten Virtual Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3409100059-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fungsi dan manfaat museum Mpu Tantular adalah sebagai penunjang pendidikan dan pengajak masyarakat untuk mengenal lebih jauh benda – benda budaya warisan leluhur bangsa. Pemerintah telah membuat program Gerakan Nasional Cinta Museum dengan tujuan membangkitkan kembali museum, terbukti dengan meningkatnya jumlah pengunjung setiap tahunnya. Peningkatan tersebut memerlukan pelayanan yang memadai, termasuk pemenuhan kebutuhan informasi dan hiburan sebagai sarana rekreasi karena informasi yang ada saat ini masih kurang disampaikan dengan baik kepada pengunjung. Perancangan ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan akan informasi interaktif tersebut. Media virtual konten museum dirancang agar lebih mudah diakses dan berisi lebih detail untuk mempelajari koleksi museum. Perancangan ini menggunakan metode riset kualitatif untuk mendapatkan aset data terhadap media informasi yang sudah dilakukan, dan ketersediaan konten museum berupa jenis, deskripsi, dan kisah/proses dari koleksi geologika, koleksi biologika, koleksi numismatika, koleksi etnografika, koleksi arkeologika, koleksi historika, koleksi filologika, koleksi keramologika, koleksi seni rupa, dan koleksi teknologika. Kemudian metode kuantitatif untuk mengetahui preferensi visual masyarakat berupa metode penyampaian informasi baik visual dan bahasa, pilihan gaya gambar, serta efektifitas waktu dan tempat media. Hasil konsep perancangan ini adalah penyampaian konten informasi museum yang sangat padat menjadi ringkasan-ringkasan yang lebih mudah disampaikan kepada masyarakat. Berupa konten yang berisi jenis koleksi, komposisi untuk menjelaskan beberapa bahan pembentuk benda koleksi, siapa penemunya, dimana benda ditemukan, berapa usia benda koleksi, apa fungsinya di masa lalu, dan bagaimana benda koleksi dibuat dengan metode di masa lalu, atau metode alami. Eksekusi perancangan menggunakan teknik infografis, ilustrasi vektor, gaya bahasa ilmiah populer dan memanfaatkan penggunaan media interaktif untuk meningkatkan interaksi dan keaktifan pengunjung di dalam museum ================================================================================================================== Mpu Tantular Museum has functions and benefits as educational support and inviting people to learn more objects of nations cultural heritage. The government has made a program "Gerakan Nasional Cinta Museum" with the intention of reviving the museum, as evidenced by the increasing number of visitors each year. Improvements require adequate services, including the needs of information and entertainment as a means of recreation because the information is still not delivered properly to the visitors. This design aims to meet the needs and desires of this interactive information. Virtual content designed to museum become more accessible and contains more detail to study museum collections. This design uses qualitative research methods to obtain data assets against information media that have been done, and the availability of content in the form of museum types, descriptions, and stories or process of geological collection, biological collection, numismatical collection, ethnografical collection, archeological collection, historical collection, phylology collection, ceramology collections, art collections, and technology collections. Then a quantitative method to determine the visual preferences of the community in the form of both visual information delivery methods and languages, image style options, as well as the time and place of media effectiveness. The result of this design concept is the delivery of museum content information into a very dense summaries which are more easily communicated to the public. Form of content that contains the type of collection, composition to explain some of the material forming a collection of objects, the inventors, places where objects are found, collectibles age, its functions, and how the collections made by the method in the past, or natural methods. This design uses a technique of designing infographics, vector illustration, a popular science language style and utilize the use of interactive media to enhance the visitors interaction and activity in the museum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 747.85 Cha p
Uncontrolled Keywords: Museum Mpu Tantular, Konten virtual, Media informasi, Interaktif
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:14
Last Modified: 17 Sep 2020 04:14
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81964

Actions (login required)

View Item View Item