Perancangan Buku Visual Damar Kurung Dan Masmundari Sebagai Maestro Kesenian Gresik

Syabrina, Rany An Nisaa (2014) Perancangan Buku Visual Damar Kurung Dan Masmundari Sebagai Maestro Kesenian Gresik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3410100008-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3410100008-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Seni Hias Damar Kurung salah satu peninggalan dari seni budaya tradisional tertua
di Gresik. Kesenian ini sudah ada sejak jaman sunan Prapen dan menjadi kesenian tradisi
masyarakat Gresik. Keberadaan kesenian Damar Kurung mulai terlupakan semenjak
kepergian sang maestronya, Masmundari. Masmundari merupakan seniman damar kurung
yang telah sukses memperkenalkan Damar Kurung ke mata dunia, karna prestasi dari
pameran dan penghargaan yang diperolehnya. Namun pada kenyataannya kesenian ini kini
mulai surut di masyarakat karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman untuk mengenal
Damar Kurung. Damar Kurung merupakan kesenian yang dimiliki oleh rakyat Gresik,
lukisan Damar Kurung menceritakan tentang sejarah tentang tradisi, adat istiadat serta
tatacara kehidupan bermasyarakat Gresik. Antusias masyarakat untuk mempelajari agar
dapat melestarikan kesenian ini merupakan salah satu potensi agar dapat membantu
mengenalkan Damar Kurung kembali sebagai warisan kesenian rakyat Gresik.
Perancangan ini menggunakan metode penelitian data kuisioner AIO dan depth
interview untuk mendapatkan data primer dan eksisting artikel, buku visual, serta buku
literature untuk mendapatkan data sekunder. Target konsumen dalam perancangan buku
visual ini adalah dewasa awal usia 18 – 25 tahun, dimana mereka memiliki karakter aktif,
selalu ingin tahu dan perduli dengan lingkungan sekitarnya. Mereka tertarik dengan buku
pengetahuan dengan resensi cerita yang kuat dengan visualisasi yang menarik sebagai
penguat cerita. Konsep dari perancangan ini adalah Folk Art Journey, yang mengartikan
bahwa Damar Kurung merupakan Kesenian Rakyat yang telah melakukan perjalanan
panjang dari sejarahnya. Penentuan konsep untuk perancangan ini mengacu dari beberapa
analisa yang telah dilakukan kepada karakter target segmen untuk mendapatkan kebutuhan
konsumen.
Buku visual yang dikonotasikan sebagai Folk Art Journey, bertujuan mengajak
audiens untuk mengikuti perjalanan dari cerita – cerita perjalanan tradisi dan kebudayaan
Gresik yang dapat dirunut dari penggambaran Damar Kurung hingga nantinya mereka
dapat membuat Damar Kurung sendiri. Media buku berfungsi sebagai media komunikasi
serta pengetahuan yang memiliki jangka waktu panjang dan diharapkan menjadi media
yang dapat mengembangkan dan melestarikan Damar Kurung kepada masyarakat. Konsep
tersebut akan terlihat pada setiap halaman buku visual dan menjadi daya tarik yang khas
bagi buku ini.
============================================================================================================
A "Damar Kurung" Decorative Art (or Deco Art) is one of the oldest traditional art
and culture heritage in Gresik. This art has existed since the era of Sunan Prapen and has
become Gresik people's art and culture tradition. The existing of "Damar Kurung"
decorative art has lost from people's mind since the death of its maestro, Masmundari.
Masmundari is a "Damar Kurung" pioneer artist who has succeeded in introducing it to the
eye of the world, because of his successful exhibition and the achievements he had.
But in fact, this art's popularity has decreased because of lack of knowledge and
comprehension about "Damar Kurung" itself. Nevertheless, "Damar Kurung" is a deco art
which is originally owned by Gresik people. "Damar Kurung" paintings tell the history
about the tradition, the old customs, and the life of Gresik ancient folks. Enhancing people's
enthusiasm to learn about how to preserve this heritage art is one of the potential way to
bring back the popularity of "Damar Kurung" as the folk art of Gresik.
The design used a research method based on AIO questionnaire and depth interview
to get the primary data and existing articles, visual books, and literature books to get the
secondary data. The target audience of this book is adults with age range at about 18-25
years old, who have active characteristics, high curiosity, and concern about their
surroundings.
They are interested in knowledge book --also known as encyclopedia, with strong
story plot and interesting visualization to strengthen the idea of the story. This design has a
concept: Folk Art Journey, which means "Damar Kurung" is a Folk Art that has gone
through a long journey of its journey. Concept determination is based on some analysis that
has been done to some segment target characters to approach the audiences need.
This book which is connoted as Folk Art Journey, aims to persuade readers to
follow the journey path of Gresik folk art and culture tradition that can be seen from the
visualization of "Damar Kurung" so that the readers are able to make their own "Damar
Kurung". Book as a media to communicate and the source of knowledge is a long-term
media and hopefully can be one of the way to develop and preserve "Damar Kurung" for
the future generation. That concept will be seen in every page of this visual book and such a
peculiar attraction for everyone.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 741.64 Sya p 3100014057611
Uncontrolled Keywords: Buku Visual, Damar Kurung, Masmundari, Gresik
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z116.A3 Book design.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 18 Sep 2020 05:13
Last Modified: 18 Sep 2020 05:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81965

Actions (login required)

View Item View Item