Pemanfaatan Komputasi Awan untuk Pengenalan Ekspresi Wajah menggunakan AWS DeepLens

Widojoko, Gregorius Rafael and Kusuma, Hendra and Tasripan, Tasripan (2020) Pemanfaatan Komputasi Awan untuk Pengenalan Ekspresi Wajah menggunakan AWS DeepLens. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111640000129-Undergraduate_Thesis_rev-FINAL.pdf]
Preview
Text
07111640000129-Undergraduate_Thesis_rev-FINAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi tatap-muka merupakan suatu bentuk interaksi yang sering dilakukan oleh semua orang. Akan tetapi, hal tersebut sulit untuk diimplementasikan bagi penyandang tuna netra, terutama bagi mereka untuk mengenali ekspresi wajah dari lawan bicaranya dan ekspresi wajah dipercayai mempunyai kaitan erat dalam emosi seseorang dan memberikan informasi yang lebih lengkap saat berkomunikasi. Oleh karena itu, diperlukanlah suatu alat yang bisa membaca ataupun mengenali ekspresi wajah, sehingga para penyandang tuna netra dapat mengenali ekspresi wajah dari lawan bicaranya dengan jelas dan ekspresi itu dikonversikan menjadi informasi non-verbal berupa suara yang mengindikasikan ekspresi dari lawan bicara penyandang tuna netra.
Penelitian tentang pengenalan ekspresi wajah kepada penyandang tunanetra telah banyak dilakukan. Akan tetapi, salah satu skenario kendala yang dihadapi dari beberapa penelitian sebelumnya adalah biaya pembuatan dan performa yang kurang sesuai dengan pengguna. Pada penelitian ini akan digunakan perangkat untuk komputasi awan dan pembelajaran mesin AWS DeepLens yang bertujuan untuk mencari performa dari perangkat yang menggunakan layanan komputasi awan AWS dan membandingkannya dengan performa dari alat yang menggunakan pemrograman deep learning tanpa komputasi awan. Semua bentuk keluaran dari perangkat akan menyampaikan informasi pengenalan ekspresi ke pengguna melalui media suara. Keberhasilan algoritma deep learning akan diukur dalam confusion matrix dengan rerata keberhasilan sebesar 73,43 % . Alat yang dikembangkan dari divais AWS DeepLens ini menggunakan sistem komputasi awan dari AWS, dengan harapan alat ini robust secara sistem dan real-time dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > T Technology (General) > T57.8 Nonlinear programming. Support vector machine. Wavelets. Hidden Markov models.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7878 Electronic instruments
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7888.3 Digital computers
Depositing User: Gregorius Rafael Widojoko
Date Deposited: 20 Sep 2020 03:34
Last Modified: 12 Jan 2024 07:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81986

Actions (login required)

View Item View Item