Analisa Perbandingan Performa Vario 125 Pgm-Fi Dengan Vario 110 Fi Yang Menggunakan Transmisi Otomatis Berupa Cvt

Prasetyo, Nanda Tito (2014) Analisa Perbandingan Performa Vario 125 Pgm-Fi Dengan Vario 110 Fi Yang Menggunakan Transmisi Otomatis Berupa Cvt. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2110100054-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2110100054-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem Transmisi pada Vario 125 PGM-FI merupakan
sistem transmisi otomatis. Sistem transmisi otomatis tersusun dari
sistem belt and pulley dan final drive. Pada kendaraan vario
keluaran sebelumnya juga sama-sama menggunakan sistem
transmisi otomatis. Salah satu keluaran sebelumnya dari vario
adalah New Vario 110. Keduanya sama sama menggunakan
sistem transmisi otomatis yang menggunakan CVT. Keduanya
juga memiliki tipe mesin yang sama meskipun dengan kapasitas
silinder yang berbeda. Perlu dilakukan analisa untuk
membandingkan performa dari Vario 125 PGM-FI dengan
kendaraan keluar sebelumnya yakni New Vario 110. Dari situ
bisa dilihat apakah ada pengaruh dari sistem transmisinya
terhadap performa kendaraan.
Parameter pembanding dari kedua kendaraan mengacu
pada tiga hal yaitu gaya dorong, sudut tanjakan dan percepatan
kendaraan. Untuk mendapatkan gaya dorong masing-masing
kendaraan akan dilakukan dynotest langsung pada roda dengan
output berupa torsi roda sebagai fungsi putaran roda. Dari data
ini akan dikonversi menjadi gaya dorong sebagai fungsi
kecepatan kendaraan atau kecepatan linier roda. Sudut tanjakan
didapatkan dari progression geometri dengan input gaya dorong
dan gaya hambat sebagai parameter batas dari grafik. Grafik
gaya hambat paling besar yang memotong gaya dorong pada titik
paling atas grafik merupakan cerminan tanjakan maksimal. Dari
tanjakan maksimal ini bisa dilihat besarnya sudut tanjakan yang
bisa dilalui masing-masing kendaraan. Percepatan masing
masing kendaraan didapat dari dynotest pada roda kendaraan.
Alat uji diset agar muncul output berupa waktu tiap perubahan
kecepatan. Interval kecepatan yang diberikan sebesar 10 km/jam.
Dari waktu dan perubahan ini bisa didapat nilai percepatan
melalui rumus GLBB.
Adapun hasil yang didapat gaya dorong Vario 125
PGM FI memiliki karakteristik yang lebih bagus dari Vario 110
FI dimana besarnya gaya dorong mampu dipertahankan pada
nilai yang tinggi sampai kecepatan 45 km/jam. Sudut tanjakan
yang mampu dilalui Vario 125 PGM FI adalah sebesar 28.5
derajat, ini sedikit lebih besar dari sudut tanjakan yang bisa
dilalui Vario 110 FI yang memiliki besar sudut 26 derajat.
Besarnya percepatan Vario 125 PGM FI memiliki karakteristik
yang lebih baik daripada Vario 110 FI dimana percepatan Vario
125 memiliki nilai yang lebih besar di awal kecepatan dan
mampu dipertahankan sampai pada kecepatan yang lebih tinggi
dari Vario 110 FI. Dari perbandingan ini dapat dilihat bahwa
transmisi otomatis yang ada pada Vario 125 PGM FI lebih efektif
dari transmisi otomatis Vario 110 FI
=============================================================================================
Transmission System at 125 Vario PGM-FI system is an
automatic transmission. Automatic transmission system is
composed of a belt and pulley system and final drive. In the
previous output vario vehicles also use the same automatic
transmission system. One of the previous output of the vario is
New Vario 110. Both are using the same system that uses a CVT
automatic transmission. Both also have the same type of engine
albeit with different cylinder capacities. Need to do analysis to
compare the performance of the 125 Vario PGM-FI with the
vehicle out before the New Vario 110. From there it can be seen
whether there is an influence of the transmission system on
vehicle performance.
Parameter comparison of the two vehicles refer to three
things: the thrust, angle of inclination and acceleration of the
vehicle. To get the thrust of each vehicle will be dynotest directly
on the output of the torque wheel wheels as a function of rotation
of the wheel. From this data will be converted into thrust force as
a function of vehicle speed or linear wheel velocity. Incline angle
is obtained from geometric progression with input thrust and
drag the boundary parameters of the graph. Graph biggest drag
cutting thrust at the top point of the graph is a reflection
maximum incline. From this maximum incline angle of inclination
can be seen that the magnitude of each drivable vehicle.
Acceleration of each vehicle obtained from dynotest on vehicle
wheels. Test equipment output is set to appear each time a change
of pace. Given interval velocity of 10 km / hour. Of time and these
changes can be obtained through the formula uniformly
accelerated motion acceleration value.

The results obtained thrust Vario 125 PGM FI has better
characteristics than the Vario 110 FI where the magnitude of the
thrust can be maintained at high values up to speeds of 45 km /
hour. The angle of inclination is able to pass Vario 125 PGM FI
is equal to 28.5 degrees, is slightly larger than the angle of
inclination can be passed Vario 110 FI that has a large angle of
26 degrees. The magnitude of the acceleration of the Vario 125
PGM FI has better characteristics than the Vario 110 Vario 125
FI where the acceleration has a greater value on the early pace
and was able to be maintained at a higher speed than the Vario
110 FI. From this comparison it can be seen that the automatic
transmission available on the Vario 125 PGM FI is more effective
than automatic transmission Vario 110 FI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Pra a
Uncontrolled Keywords: Rolling resistance, drag force, grade, Transmisi Otomatis, Ratio Pulley
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL448 Electric motorcycles
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:57
Last Modified: 24 Sep 2020 03:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82036

Actions (login required)

View Item View Item