Main Line Conveyor Di PT. Unilever Indonesia, Tbk Menggunakan PLC

Hudaivi, Muhammad Amru (2020) Main Line Conveyor Di PT. Unilever Indonesia, Tbk Menggunakan PLC. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10311600000103-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10311600000103-Non_Degree.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada industri manufaktur yang memproduksi kebutuhan rumah tangga khususnya pasta gigi pasti memiliki beberapa mesin yang menghasilkan berbagai macam produk yang berbeda dari varian, rasa, dan ukuran, dikarenakan banyak produk yang diproduksi maka diperlukan penyortiran, sedangkan letak ruang produksi dan letak ruang penyortiran berbeda maka diperlukan sarana untuk memindahkan produk-produk yang dihasilkan menuju tempat penyortiran.

Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah suatu sarana untuk menghubungkan ruang produksi menuju ke ruang penyortiran yaitu dengan menggunakan konveyor. Produk-produk yang dihasilkan dari mesin-mesin tersebut dialirkan menuju satu konveyor utama yang disebut Main Line Conveyor. Mesin-mesin tersebut tersusun secara paralel dengan Main Line Conveyor, sehingga terdapat percabangan. Sebelum mencapai Main Line Conveyor pada masing- masing mesin terdapat Branch Conveyor. Agar tidak terjadi barang yang bertubrukan di percabangan maka terdapat Pneumatic Stopper yang terletak pada Main Line Conveyor yang bertujuan untuk menghentikan laju produk pada Main Line Conveyor, Dengan menggunakan Photosensor yang terletak di Branch Conveyor dan Main Line Conveyor sebagai Trigger nya dengan PLC ( Programmable Logic Controller ) sebagai kontrolernya.

Hasil dari Proyek Akhir ini yaitu terbentuknya Main Line Conveyor yang bisa menyalurkan produk dari masing-masing mesin tanpa adanya produk yang bertabrakan di percabangan dan menyalurkannya ke tempat sorting secara efektif dan efisien dengan presentase keberhasilan 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Conveyor, Photosensor, Programmable Logic Controller
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3070 Automatic control
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Muhammad Amru Hudaivi
Date Deposited: 01 Oct 2020 03:37
Last Modified: 15 Jan 2024 08:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82062

Actions (login required)

View Item View Item