Analisa Perbandingan Konstruksi Perkerasan Lentur Menggunakan Untreated Base Dan Cement Treated Base Pada Ruas Jalan Ketapang – Batas Kabupaten Pamekasan Ditinjau Dari Segi Ekonomi

Wicaksono, Reza Cahyo (2014) Analisa Perbandingan Konstruksi Perkerasan Lentur Menggunakan Untreated Base Dan Cement Treated Base Pada Ruas Jalan Ketapang – Batas Kabupaten Pamekasan Ditinjau Dari Segi Ekonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3110100014-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang mempunyai peranan penting untuk memperlancar kegiatan perekonomian dan pemerataan pembangunan. Dengan semakin banyaknya pertumbuhan ekonomi penduduk, mengakibatkan meningkatnya lalu lintas yang membuat beban jalan sudah tidak sesuai lagi dengan perencanaan sebelumnya yang terjadi khusunya pada daerah Madura. Maka dibutuhkan pelebaran jalan dan perkerasan jalan yang dapat menampung volume lalu lintas yang melewati daerah tersebut. Penggunaan perkerasan CTB diharapkan sangat bermanfaat dikarenakan harga yang tidak terlalu mahal namun mempunyai daya tahan yang bagus, sehingga CTB ini dapat menjadi alternatif dalam mengantisipasi pertumbuhan volume lalu lintas kendaraan berat. Untuk tujuan tugas akhir ini yaitu untuk menghitung kedua tebal perkerasan, menghitung total biaya konstruksi serta pemeliharaan kedua perkerasan, mencari user cost dengan metode N.D. Lea, dan membandingkan kedua perkerasan tersebut secara ekonomi dengan perhitungan Benefit Cost Ratio. Maka akan dibahas perbandingan antara konstruksi perkerasan lentur yang menggunakan Untreated Base dan Cement Treated Base (CTB) yang ditinjau dari segi analisa ekonomi. Studi yang dibahas antara lain : Menghitung tebal konstruksi dari 2 perkerasan tersebut; menghitung biaya konstruksi dari kedua perkerasan tersebut; pemeliharan berkala dan rutin pada kedua perkerasan tersebut; dan menganalisa kelayakan secara ekonomi dengan perhitungan BCR. ======================================================================================================= The road iskind of infrastructure which is used for transportation and has an important role in economic activities and equitable development. With the increasing number of population growth, resulting in traffic increased which makes the load path is no longer compatible with the previous planning that occurs especially in Madura. So, it’s needed a road widening and pavement to accommodate the volume of traffic which pass through the area. The use of CTB pavement is expected to be useful because the price is not too expensive but have good endurance, so that it can be an alternative CTB in anticipation of growth in the volume of heavy vehicle traffic. The purpose of this thesis is to calculate both pavement thickness, calculate the total cost of construction and maintenance of both the pavement, looking for a cost friendly method ND Lea, and compare the two pavement economically with Benefit Cost Ratio calculation.It will discuss the comparison between the use of flexible pavement construction Untreated Base and Cement Treated Base (CTB), which in terms of economic analysis. Studies discussed include: Calculating thickness of the two pavement constructions ; calculate the cost of construction of both the pavement; periodic and routine maintenance on both ofthe pavement; and analyze the economic feasibility with BCR calculation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.8 Wic a 3100014055815
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur, CTB, Analisa dan Evaluasi Ekonomi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:01
Last Modified: 15 Oct 2020 04:46
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/82139

Actions (login required)

View Item View Item