Desain Model Kajian Strategi Industri Perikanan Untuk Mendukung Peningkatan Pembangunan Ekonomi Wilayah Selatan Jawa Timur Dengan Pendekatan Soft System Methodology (SSM)

Insani, Abdul Ghofur Ragil (2020) Desain Model Kajian Strategi Industri Perikanan Untuk Mendukung Peningkatan Pembangunan Ekonomi Wilayah Selatan Jawa Timur Dengan Pendekatan Soft System Methodology (SSM). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
201120 Thesis_Abdul Ghofur Ragil Insani_04211850010003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komoditas unggulan Perikanan Tangkap di Wilayah Selatan Jawa Timur yakni Tuna, Tongkol dan Cakalang (TTC). Memiliki potensi perikanan tangkap TTC tentunya ini menjadikan keunggulan Jawa Timur dalam sektor perikanan tangkap. Untuk memasuki pasar ekspor beberapa hal strategis perlu dipertimbangkan diantaranya komoditas produk, daya saing, mutu dan kualitas produk. Dengan adanya industri pengolahan hasil perikanan tangkap yang terdapat di Jawa Timur akan bisa mendukung pembangunan ekonomi. Oleh karena itu studi kondisi, situasi dan pola distribusi yang terdapat di Wilayah Selatan Jawa Timur diperlukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan karakteristik Wilayah Selatan Jawa Timur. Dalam kajian ini studi analisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan Soft System Methodology (SSM) dan perhitungan optimasi biaya dengan menggunakan model matematis atau Linear Programming (LP). Mengidentifikasi pola distribusi saat ini, serta menghitung biaya yang timbul dari adanya aktifitas distribusi yang dilakukan serta mendesain pola distribusi baru yang dirancang dan menghitung biaya yang timbul. Jumlah produksi ikan TTC sebesar 35.70 ton/tahun. Hasil analisa menjelaskan bahwa permasalahan logistik perikanan tangkap di Wilayah Selatan Jawa Timur belum tertata dengan baik dan efisien dikarenakan akses dan medan dari lokasi Pelabuhan Perikanan menuju lokasi industri / demand serta mutu dan kualitas yang tidak terjamin karena masih menggunakan moda trasnportasi konvensional. Perancangan pola distribusi yang baru tentunya merubah alur ataupun proses distribusi yang ada dengan menambahkan fasilitas Distribution Centre (DC) dengan menggunakan Centre of Gravity (CoG). Sehingga dibutuhkan moda transportasi yang modern dan DC untuk mengatasi kondisi tersebut. Terdapat 3 (tiga) alternatif distribusi yakni alternatif pertama pengiriman langsung dengan menggunakan Colt Diesel Double (CDD) bak dengan total biaya pengiriman Rp. 50.19 Milliar, alternatif kedua pengiriman inbound menggunakan moda transportasi CDD bak dan pada outbound menggunakan CDD reefer dengan total biaya pengiriman Rp. 60.64 Milliar dan alternatif ketiga pengiriman langsung dengan menggunakan CDD reefer dengan total biaya pengiriman Rp. 83.46 Milliar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Insani Abdul Ghofur Ragil
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:17
Last Modified: 24 Nov 2020 04:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/82272

Actions (login required)

View Item View Item