ANALISA LEAN SERVICE PADA JASA PELAYANAN LOGISTIK PELAYARAN GUNA MENGURANGI WASTE

Hartanti, Rizka Safira (2020) ANALISA LEAN SERVICE PADA JASA PELAYANAN LOGISTIK PELAYARAN GUNA MENGURANGI WASTE. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411640000163_Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT PELNI merupakan salah satu perusahaan yang memberikan layanan jasa pengiriman barang menggunakan transportasi laut. Layanan yang dimilikinya salah satunya adalah REDPACK yang merupakan layanan pengiriman barang dengan prioritasnya untuk menjaga kondisi paket. Jasa ini masih cenderung baru karena beroperasi secara keseluruhan pada tahun 2019. Maka dari itu diperlukan evaluasi pada kinerjanya agar terjadi improvement pada setiap masanya. Salah satu cara evaluasi dengan menerapkan analisa efisiensi. Efisiensi merupakan perbandingan nilai input dengan output baik sebagian output maupun hasil akhir yang diinginkan. Efisiensi dapat ditingkat dengan melakukan analisa menggunakan Lean. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Lean service karena layanan pengiriman berada di sektor jasa. Tool yang digunakan pada penelitian ini adalah Value Stream Mapping (VSM) dan DEMATEL. VSM digunakan untuk menganalisa aliran nilai pada proses layanan tersebut. Hasil VSM dapat menunjukkan adanya proses yang tidak diperlukan. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengidentifikasi waste aliran proses dan menentukan waste kritis pada layanan jasa tersebut. Penentuan waste kritis dilakukan menggunakan DEMATEL. DEMATEL merupakan metode yang digunakan untuk menganalisa hubungan sebab-akibat dari sistem yang kompleks. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa faktor waste utama pada jasa pelayanan logistik adalah kegiatan customer melakukan pelaporan muatan masuk. Waste tersebut dapat diperbaiki dengan memindah lokasi kantor menjadi 1 ruangan dengan gudang dan alur kegiatan yang baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lean Service Analysist, Value Stream Mapping (VSM), DEMATEL, Analisa Lean Service, Value Stream Mapping (VSM), DEMATEL
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE228.3 Intelligent transportation systems.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hartanti Rizka Safira
Date Deposited: 07 Dec 2020 03:15
Last Modified: 07 Dec 2020 03:15
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/82308

Actions (login required)

View Item View Item