Permodelan dan Simulasi Ruang Bakar HCCI Engine Berbasis Mesin Diesel 210cc Untuk Mendapatkan Perbandingan Rasio Kompresi dan Persentase EGR Yang Optimal

Putra, Alam Eka (2014) Permodelan dan Simulasi Ruang Bakar HCCI Engine Berbasis Mesin Diesel 210cc Untuk Mendapatkan Perbandingan Rasio Kompresi dan Persentase EGR Yang Optimal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
2109100068-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan BBM yang semakin tinggi tiap tahunnya menyebabkan kelangkaan bahan bakar. Kelangkaan menjadikan harga BBM semakin tinggi tiap tahunnya. Penggunaan tertinggi berasal dari kendaraan bermotor yaitu mencapai 70%. Hal ini terlihat bahwa hampir semua sektor transportasi masih menggunakan Spark Ignition Engine (SIE) dan Compression Ignition Engine (CIE) sebagai sumber gerak. Pada umumnya SI Engine dan CI Engine memiliki efisiensi thermal sekitar 35 % hingga 40 %. Saat ini mulai dikembangkan Engine dengan prinsip Homogenous Charge Compression Ignition (HCCI) yang diprediksi memiliki potensi yang lebih baik daripada mesin SI dan CI. Penelitian ini dilakukan dengan cara memodelkan bentuk ruang bakar HCCI Engine berbasis engine diesel 210cc dengan menggunakan software AVL Fire. Dalam permodelan ini dilakukan dengan variasi Compression ratio dan Exhaust Gas Recirculation, Compression ratio yang akan dimodelkan adalah 1:20, 1:19 dan 1:18. Exhaust Gas Recirculation yang akan dimodelkan adalah sebesar 20 %, 30%, 40% dan 50% pada tiap rasio kompresi yang digunakan. Dari penelitian ini didapatkan mesin HCCI dengan perbandingan rasio kompresi sebesar 18 dan persentase EGR sebesar 20% didapatkan hasil yang paling optimal karena didapatkan nilai SOI pada posisi 11o BTDC, kemudian durasi pembakarannnya sebesar 37.5oCA dan daya yang dihasilkan cukup tinggi dengan kebutuhan bahan bakar (SFC) yang minimal. Terlihat bahwa mesin HCCI ini memiliki nilai SFC yang lebih rendah dari spesifikasi mesin diesel yanmar L48 standar namun tetap memiliki daya yang cukup tinggi pada kondisi 1900 rpm sebesar 3.1125 kW dan 0.182 Kg/watt.jam ==================================================================================================== Higher fuel usage each year causing fuel shortages. Scarcity makes the higher price of fuel each year. The highest usage is derived from the motor vehicle reaches 70%. It is seen that almost all the transport sector are still using Spark Ignition Engine (SIE) and Compression Ignition Engine (CIE) as a source of motion. In general, SI Engine and CI Engine has a thermal efficiency of about 35% to 40%. Currently being developed with the principle of homogenous Charge Engine Compression Ignition (HCCI), which is predicted to have the potential to be better than SI and CI engine. The research was done by modeling the shape of the combustion chamber of diesel engine-based HCCI Engine 210cc AVL Fire using the software. In this modeling is done with a variety of compression ratio and Exhaust Gas Recirculation, Compression ratio to be modeled are 1:20, 1:19 and 1:18. Exhaust Gas Recirculation to be modeled is at 20%, 30%, 40% and 50% at each compression ratio used. From this study, the HCCI engine with a compression ratio of 18 and a percentage of 20% EGR obtain the most optimal results. because the SOI values obtained at 11o BTDC position, then the duration of burning by 37.5oCA and high enough power generated by the fuel needs (SFC) is low. Seen that HCCI engines have a lower SFC values of L48 yanmar diesel engine specification standards but still have a high enough power at 1900 rpm condition of 3.1125 kW and 0.182 Kg / watt.hour.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.436 Put p
Uncontrolled Keywords: Homogeneous Charge Compression Ignition engine, Compression Ratio, Exhaust Gas recirculation, AVL Fire, Start of Ignition (SOI), Start of Combustion (SOC).
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:12
Last Modified: 08 Jan 2021 02:12
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/82381

Actions (login required)

View Item View Item