Topic Modelling pada Data Artikel Peneliti Penerima Dana PDUPT Menggunakan Gensim

Aditya, Bobbi (2021) Topic Modelling pada Data Artikel Peneliti Penerima Dana PDUPT Menggunakan Gensim. Project Report. [s.n.]. (Unpublished)

[thumbnail of 05111740000099-Project_Report.pdf] Text
05111740000099-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian merupakan tulang punggung dari kemajuan teknologi dan pendidikan. Indonesia sebagai negara berkembang dan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, memiliki sumber daya manusia yang sangat besar. Dengan sumber daya yang sangat besar, penelitian di Indonesia seharusnya dapat memberikan pengaruh yang lebih banyak lagi. Indonesia masih belum memiliki penelitian kolaborasi antar peneliti yang cukup baik. Untuk itu, dalam penelitian ini diangkat sebuah model pengelompokan penelitian berdasarkan judul penelitian yang harapannya dapat menjadi batu loncatan awal dalam pembuatan sistem rekomendasi judul penelitian berdasarkan kecenderungan publikasi yang dilakukan oleh seorang peneliti. Metode pembuatan model yang dilakukan menggunakan LDA Mallet dengan melakukan pengelompokkan menjadi 18 kelompok topik. Hasil penelitian ini menghasilkan conherence score sebesar 0.56. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model sudah cukup baik untuk digunakan dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Penelitian, LDA Mallet, pengelompokan penelitian, sistem rekomendasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA336 Artificial Intelligence
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bobbi Aditya
Date Deposited: 09 Jan 2021 22:23
Last Modified: 03 Apr 2023 06:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82399

Actions (login required)

View Item View Item