Tutorial Desain Perencanaan Drainase Wilayah Permukiman

Abdillah, Ahmad Wisam and Shoffiana, Nur 'Arfiati (2021) Tutorial Desain Perencanaan Drainase Wilayah Permukiman. Project Report. [s.n.]. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
03111740000019_03111740004001-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Saluran drainase adalah salah satu bangunan yang dirancang sebagai sistem saluran pembuangan air guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam perencanaan kota. Saluran drainase berfungsi untuk mengalirkan air yang berada di suatu kawasan tertrntu ke tempat-tempat pembuangan, seperti laut, sungai, danau, atau tempat penampungan air buangan seperti kolam tamping. Drainase memiliki arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. (Suripin, 2004) Pembangunan permukiman di perkotaan kini kian digalakkan. Hal ini dilakukan seiring dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Banyaknya pembangunan menyebabkan lingkungan permukiman di perkotaan memiliki daerah yang cukup terbatas. Dengan keterbatasan tersebut, suatu permukiman perkotaan harus tetap mengutamakan kenyamanan dan kesehatan bagi masyarakatnya. Salah satu fenomena yang menyebabkan ketidaknyamanan dan menjadi sarang penyakit adalah banjir. Tak jarang kita menemukan fenomena banjir disekitar kita. Banjir dapat terjadi ketika suatu saluran tidak dapat menampung debit air yang masuk. Hal ini dapat disebabkan oleh dimensi saluran yang terlalu kecil dari seharusnya yang dikarenakan kesalahan desain atau berkurangnya daerah tangkapan air. Selain itu, terjadinya banjir juga dapat dipengaruhi oleh perubahan iklim yang mengakibatkan banjir dalam kurun waktu tertentu sehingga terjadi luapan air yang berlebih saat debit maksimum. Oleh karena itu, setiap kawasan memerlukan perencanaan sistem dan saluran drainase untuk mengatasi masalah genangan air seperti banjir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC530 Flood control
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE215 Drainage
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nur ‘Arfiati Shoffiana
Date Deposited: 21 Jan 2021 21:48
Last Modified: 21 Jan 2021 21:48
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/82554

Actions (login required)

View Item View Item