Tutorial Cara Melakukan Operasional Pembuatan Bored Pile

Rohmawati, Nunuk and Ilmi, Renovano (2021) Tutorial Cara Melakukan Operasional Pembuatan Bored Pile. Project Report. [s.n]. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
03111740000040_03111740000077-Project Report.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini sistem pondasi bore pile banyak digunakan pada berbagai pondasi bangunan, seperti pada jembatan, bangunan bertingkat, jalan tol. Selain itu, sistem pondasi bore pile juga dipakai pada struktur yang digunakan untuk menjaga kestabilan lereng, dinding penahan tanah termasuk pondasi bangunan ringan yang dibangun di atas tanah lunak. Pemakaian pondasi bore pile merupakan suatu alternatif , apabila dalam pelaksanaan pembangunan berada pada suatu lokasi yang sangat sulit atau beresiko tinggi apabila menggunakan pondasi tiang pancang. Selain itu alasan lain digunakannya sistem pondasi bore pile adalah kedalaman dan diameter bore pile atau volume beton yang diperlukan, dapat dengan mudah disesuaikan dengan beban struktur yang akan ditopangnya, sehingga beban beban yang bekerja dapat ditahan dengan baik untuk jangka waktu pendek maupun panjang. Seorang engineer teknik sipil tentunya perlu memahami tentang tata cara melakukan operasional pembuatan bore pile sehingga bangunan yang dibangun dapat berdiri dengan kuat dan bertahan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Untuk mewujudkan pemahaman mengenai pelaksanaan bored pile maka diperlukan perpaduan antara teori maupun pelaksaan pada proyek yang ada dilapangan. Dikarenakan adanya pandemi ini banyak proyek yang ditunda maupun berhenti pengerjaannya, Oleh karena itu kami membuat tutorial pelaksannan bore pile. Dengan adanya tutorial ini diharapkan dapat memudahkan memahami metode pelaksanaan bored pile dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk materi bored pile.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA780 Piles and pile-driving
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Renovano Ilmi
Date Deposited: 25 Jan 2021 08:56
Last Modified: 02 Feb 2021 02:34
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/82575

Actions (login required)

View Item View Item