Analisis Kinerja Fasilitas Dan Peralatan Bongkar Muat Di Belawan International Container Terminal (BICT)

Farhan, Ahmad (2021) Analisis Kinerja Fasilitas Dan Peralatan Bongkar Muat Di Belawan International Container Terminal (BICT). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000092_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311640000092_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan angka realisasi bongkar muat cukup signifikan. Akibat dari peningkatan jumlah peti kemas tersebut, diperlukan konsistensi pelayanan yang baik terhadap pengguna jasa pelabuhan di Belawan International Container Terminal (BICT). Dalam mendukung kegiatan bongkar muat, perusahaan membutuhkan peralatan diantaranya Container Crane (CC), Rubber Tyred Gantry Crane (RTG) dan Head Truck (HT). Perusahaan berencana menambah peralatan bongkar muat dan atau memperlebar panjang dermaga untuk mengurangi waktu bongkar muat. Dalam tugas akhir ini membahas tentang analisis kinerja dan BOR merupakan indikator dimana tingkat kepadatan dermaga berpengaruh besar terhadap kinerja operasional dermaga. Standar BOR yang ditetapkan oleh DJPL adalah <70%. Pada kondisi existing, pencapaian BOR sebesar 42,70 %. Untuk memprediksikan kondisi BICT 10 tahun mendatang, diperlukan forecasting dan penelitian ini memakai analisis regresi linier sebagai metodenya. Pada tahun 2029, didapatkan jumlah dari kedatangan kapal sebanyak 582 kapal/tahun dan arus petikemas sebanyak 709.444 BOX. Dengan merubah hasil kedatangan kapal dan arus petikemas, pencapaian nilai BOR pada tahun 2029 sebesar 77,20 % dan sudah melewati batas yang ditetapkan oleh DJPL. Maka dari itu, diperlukan skenario untuk memenuhi standar yang ada. Skenario yang ditawarkan antara lain : skenario 1 penambahan panjang dermaga menjadi 700 m ; skenario 2 penambahan CC pada setiap tambatan ; skenario 3 penambahan panjang dermaga menjadi 700 m dan penambahan CC pada setiap tambatan. Dengan penerapan skenario 1 didapatkan BOR 60,66 %; skenario 2 BOR 46,95 %; skenario 3 BOR 36,88 %. Berdasarkan hasil dari setiap skenario pengembangan, skenario 3 memiliki nilai BOR terkecil dengan selisih 33,12 % dari standar DJPL sehingga dapat menjadi pertimbangan pihat tekait dalam melakukan melakukan pengembangan untuk menghadapi kondisi mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Linear Regression Analysis, BOR, YOR, BCH, BSH, Performance Analysis,Analisis Regresi Liner, Analisis Kinerja.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T174 Technological forecasting
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Farhan
Date Deposited: 23 Feb 2021 12:48
Last Modified: 20 Jun 2023 08:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82720

Actions (login required)

View Item View Item