Analisis Human Factor Dan Workload Dalam Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi Dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality

P, A Dwi Wahyuni (2020) Analisis Human Factor Dan Workload Dalam Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi Dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411850040002-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Bencana alam adalah bencana yang terjadi serangkaian kejadian yang disebabkan oleh alam. Gempa bumi adalah gempa bumi atau peristiwa yang mengguncang bumi akibat benturan antara lempeng bumi, aktivitas gunung berapi, atau runtuhnya batuan di suatu daerah pertambangan. Dalam situasi bencana, pengetahuan terhadap evakuasi atau prosedur sangat penting untuk mengoptimalkan peluang para penyintas bencana dalam upaya menyelamatkan diri. Berapa banyak upaya migrasi yang telah dilakukan, misalnya melalui simulasi langsung, serta fasilitas media cetak seperti buku tanggap bencana, video, dll. Salah satu teknologi yang dapat membuat skenario seolah-olah nyata adalah Virtual Reality (VR). VR dapat digunakan sebagai teknologi saat melakukan simulasi evakuasi bencana untuk menghindari atau mengurangi resiko saat melakukan simulasi secara langsung. Pada penelitian ini, workload telah dihitung saat melakukan simulasi dengan menggunakan metode SIM-TLX dengan beberapa kondisi, gejala cybersickness yang dirasakan peserta, usability, dan immersive pada aplikasi simulasi. Penelitian ini dilakukan pada partisipan yang ahli dalam tanggap bencana dan partisipan amatir. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa workload tidak berpengaruh pada kelima kondisi tersebut, sekitar 60,42% partisipan mengalami sakit kepala akibat penggunaan VR, skor SUS yang diperoleh adalah 68,39 dari 100 dan skor PQ 3,95 dari 5.00 yang artinya diatas rata-rata. =============================================================================================== Natural disasters are disasters caused by a series of events caused by nature. An earthquake is an earthquake or event that shakes the earth caused by a collision between the earth's plates, volcanic activity, or the collapse of rocks in a mining area. In a disaster situation, evacuation of knowledge or procedures is very important to optimize the chances of disaster survivors while trying to save themselves. How many migration efforts have been made, for example through direct simulations, as well as print media facilities such as disaster response books, videos, etc. One technology that can make a scenario as if real is virtual reality (VR). VR can be used as a technology when carrying out disaster evacuation simulations to avoid or reduce risk when conducting live simulations. In this study will calculate the workload when using simulations using the SIM-TLX method with several conditions, cybersickness symptoms felt by participants, usability, and immersive in simulation applications. This research was conducted on participants who are experts in disaster response and amateur participants. the results of this study can be seen that the workload does not affect in all five conditions, about 60.42% of participants experienced headaches due to the use of VR, the SUS score obtained was 68.39 out of 100 and a PQ score of 3.95 out of 5.00 which means above average.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Gempa Bumi, Workload, Cybersickness, Usability, Presence. ================================================================== Keywords: Earthquake, Workload, Cybersickness, Usability, Presence
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: A. Dwi Wahyuni P
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:37
Last Modified: 24 Feb 2021 01:37
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/82731

Actions (login required)

View Item View Item