Rekonstruksi Kedalaman Pahatan Aksara Jawa Kuna, Pada Prasasti Batu Secara Tiga Dimensi Dengan Menggunakan Teknik Fotogrametri Rentang Dekat (Close-Range Photogrammetry)

Sambodo, Goenawan Agoeng (2021) Rekonstruksi Kedalaman Pahatan Aksara Jawa Kuna, Pada Prasasti Batu Secara Tiga Dimensi Dengan Menggunakan Teknik Fotogrametri Rentang Dekat (Close-Range Photogrammetry). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
07111950050004-Master-Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Prasasti adalah tulang punggung penulisan sejarah kuna Indonesia. Arti penting prasasti ini belum dapat digunakan dengan maksimal karena banyak prasasti yang ditemukan dalam keadaan aus dan rusak pahatannya, baik karena faktor alam maupun manusia. Fotogrametri, meskipun sudah banyak digunakan oleh peneliti dari luar untuk meneliti benda cagar budaya, akan tetapi belum banyak digunakan oleh peneliti dari Indonesia untuk membantu menganalisa benda cagar budaya yang ada terutama prasasti. Penelitian ini akan membahas dan menguji teknik fotogrametri, khususnya fotogrametri rentang dekat guna melakukan rekonstruksi kedalaman bekas pahatan aksara Jawa Kuno, pada prasasti berbahan batu. Rekonstruksi itu dilakukan guna mendeteksi dan mengidentifikasi bekas alur pahatan yang ada. Dengan rekonstruksi yang dilakukan itu, diharapkan akan dapat dimunculkan bekas bekas alur pahatan dengan lebih baik, sehingga pahatan yang aus dan rusak pada prasasti batu tersebut dapat dideteksi dan diidentifikasi polanya. Metode yang digunakan dalam rekonstruksi ini adalah menggunakan teknik fotogrametri rentang dekat dengan pendekatan relief berbayang (Hill-shading), membuat irisan samping untuk mendeteksi kedalaman lekukan. Identifikasi alur dilakukan dengan pendekatan warna palsu (pseudocolor). Hasil dari deteksi dan identifikasi ini adalah adanya pola lekukan yang teridentifikasi sebagai pahatan aksara dan angka, kerusakan batu sebagai media pahatan serta pola lekuk yang tidak teridentifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fotogrametri, Rekonstruksi, Deteksi Identifikasi, Prasasti, Photogrammetry, Reconstruction, Detection, Identification, Incriptie.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7888.3 Digital computers
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Goenawan A. Sambodo
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:16
Last Modified: 24 Feb 2021 04:22
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/82737

Actions (login required)

View Item View Item