Studi Pengaruh Katalis Zeolite Al2o3 Dalam Proses Pirolisis Katalitik Pada Sampah Low Density Polyethylene Untuk Produksi Bahan Bakar

Ghonim, Daffa Rafif (2021) Studi Pengaruh Katalis Zeolite Al2o3 Dalam Proses Pirolisis Katalitik Pada Sampah Low Density Polyethylene Untuk Produksi Bahan Bakar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511740000096_Daffa Rafif Ghonim_Laporan Tugas Akhir.pdf] Text
02511740000096_Daffa Rafif Ghonim_Laporan Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Sampah plastik LDPE (Low Density Polyethylene) merupakan jumlah sampah terbanyak kedua di indonesia. Pengolahan sampah dengan metode pirolisis merupakan salah satu teknologi untuk mengurangi sampah dan membuat menjadi energi terbarukan dengan hasil akhir berupa bahan bakar bensin minyak dan gas. Metode penggunaan pirolisis dengan menggunakan katalis dapat membuat reaksi menjadi cepat hal ini disebabkan katalis dapat menurunkan energi aktivasi sehingga mempercepat laju reaksi menyebabkan berkurangnya suhu optimal yang dibutuhkan. Penggunaan sampah LDPE mengalami masalah dalam jumlah yield cair dan gas yang dihasilkan. Penggunaan katalis zeolite alam dan alumina mampu untuk meningkatkan kualitas produk dari proses pirolisis. Hasil yield pirolisis produk cair dengan penggunaan katalis zeolite dan alumina mengalami peningkatan masing masing sebesar 11.58%wt dan 23.5%wt. Kemudian hasil produk distilasi Temperatur 150oC menghasilkan nilai kalor dan ikatan kimia yang terkonfirmasi bahan bakar bensin. Kemudian Temperatur 250oC menghasilkan nilai kalor dan ikatan kimia yang terkonfirmasi bahan bakar minyak tanah. Residu menghasilkan nilai kalor dan ikatan kimia yang terkonfirmasi bahan bakar diesel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pirolisis, LDPE, Bahan bakar, Zeolite, alumina
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ174 Maintenance and repair of machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Daffa Rafif Ghonim
Date Deposited: 24 Feb 2021 23:27
Last Modified: 24 Feb 2021 23:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82796

Actions (login required)

View Item View Item