Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Lentur Jalan Lintas Pantai Selatan Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar

Ainnisa, Safira Qurrata' (2021) Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Lentur Jalan Lintas Pantai Selatan Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000083_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111640000083_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Jalan adalah sarana penunjang utama untuk menjangkau satu daerah ke daerah lainnya. Jalan yang layak juga dapat memangkas waktu sehingga proses menuju suatu kabupaten ke kabupaten lainnya menjadi lebih efisien. Selain itu jalan juga bisa meningkatkan pengunjung pada faktor pariwisata. Laju pertumbuhan industri, ekonomi dan pariwisata di Blitar meningkat menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blitar. Peningkatan pertumbuhan industri, ekonomi dan pariwisata tersebut berpengaruh pada jumlah wisatawan yang datang. Selain itu pertumbuhan penduduk juga ikut meningkat secara signifikan. Dan juga adanya kebutuhan aksesibilitas jalan dari kabupaten ke kota agar dapat ditempuh dengan aman, mudah dan nyaman. Oleh karena itu pemerintah membangun jalan Lintas Pantai Selatan yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memudahkan pengguna jalan berkendara dengan aman dan nyaman. Dikarenakan kondisi jalan di Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, saat ini mempunyai banyak tikungan tajam dan elevasi yang naik turun. Serta disana mempunyai kondisi lahan topografi berbukit. Oleh karena itu penulis merencanakan jalan dengan perencanaan geometrik.
Metodologi yang digunakan pada laporan tugas akhir ini adalah perencanaan Jalan Lintas Pantai Selatan Batas Kabupaten Tulungagung – Serang – Batas Kabupaten Malang ini meliputi Perencanaan geometrik Jalan Lintas Pantai Selatan Batas. Kabupaten Tulungagung – Serang – Batas Kabupaten Malang Berdasarkan RSNI Geometrik Jalan Perkotaan 2004, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Peraturan Pemerintahan No. 34 tahun 2006 tentang jalan, Tata Cara Perencanaan Geometrik Antar Kota. Lalu merencanakan design perkerasan lentur jalan berdasarkan Departemen Pekerjaan Umum, No.04/SE/Db/2017. Merencanakan Sistem Drainase berdasarkan Perencanaan Sistem Drainase Jalan Departemen Pekerjaan Umum (Pd. T-02-2006-B)
Hasil Perencanaan Jalan Lintas Pantai Selatan Kecamatan Bakung diperoleh perencanaan geometric dengan Alinyemen Horizontal tipe S-C-S (Spiral Circle Spiral) 41 tikungan dan SS (Spiral-Spiral) 5 tikungan serta Perencanaan Alinyemen Vertikan (PVI) yang terdiri dari 23 cekung dan 34 cembung. Dengan menggunakan perkerasan lentur lapisan berbutir AC tebal > 100 mm dan struktur perkerasan menggunakan FFF4. Untuk Perencanaan Drainase menggunakan material asli dengan ukuran 0,40 m x 0,85 m dan 0,50 m x 1 m. Rencana anggaran biaya mencapai Rp. 695.686.147.065,61 (Enam Ratus Sembilan Puluh Lima Milyar Enam Ratus Delapan Puluh Enam Juta Seratus Empat Puluh Tujuh Ribu Enam Puluh Lima Rupiah)
=====================================================================================================
The road is a major supporting facility to reach one area to another. A decent road can cut the time consuming so that the movement from one district to another district becomes more efficient. In addition, roads can also increase visitors on tourism factors. The rate of industrial growth, economics, and tourism in Blitar is increasing according to the Central Statistic Agency (BPS) of Blitar. This escalation is very impactful in the number of visitors. Furthermore, population growth has also increased significantly. And there is also the need to access of road accesibility from district to city so that it can be reached safely, easily, and comfortably. Accordingly, The Goverment built the South coastal road which is expected to increase economic growth and facilitate the road user to drive safely and comfortably. Due to the conditions of the road in Bakung sub-district, Blitar, nowadays it has a lot of sharp turns and elevation that rises. It has a hilly topographic land condition. Therefore, the author plans the road with geometric planning.
The methodology used in this final assignment is the South Coast border Road planning. The district of Tulungagung – Serang – border District of Malang This includes geometric planning South Beach Highway border Tulungagung – Serang – border District of Malang based on RSNI Geometric Road Urban 2004, Fundamentals of Geometric Road Planning, Government Regulation No. 34 year 2006 about Roads, Geometric Planning procedures between Cities. Then plan the road bending design based on the public Works Department, No. 04/SE/Db/2017. Plan a drainage system based on road drainage system planning Public Works Department (Pd. T-02-2006-B)
The result of South Coast Cross Road Planning Bakung district obtained geometric planning with Horizontal Alinyemen type S-C-S (Spiral Circle Spiral) 41 bends and SS (Spiral-Spiral) 5 bends and Planning Alinyemen Vertikan (PVI) consisting of 23 concave and 34 convex. By using pavement bending the ac-grained layer is thick > 100 mm and the pavement structure uses FFF4. For Drainage Planning using original material with a size of 0.40 m x 0.85 m and 0.50 m x 1 m. The budget plan costs to reach Rp. 695.686.147.065,61 (Six Hundred Ninety Five Billion Six Hundred Eighty Six Million One Hundred Forty Seven Thousand Sixty Five Rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Geometric Design, Flexible Pavement, Drainage System, Geometrik Jalan, Perkerasan Jalan, Sistem Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Safira Qurrata' Ainnisa
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:30
Last Modified: 25 Feb 2021 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82806

Actions (login required)

View Item View Item