Efisiensi Spektrum Sistem Multi User Massive Mimo Sel Tunggal Pada Kanal Rayleigh Fading

Aini, Ika Rohmatul (2021) Efisiensi Spektrum Sistem Multi User Massive Mimo Sel Tunggal Pada Kanal Rayleigh Fading. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Ika_Tesis_print.pdf]
Preview
Text
Ika_Tesis_print.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Multi User Massive MIMO (MU-Massive MIMO) adalah teknologi yang menggunakan antena sangat banyak di sisi BTS dan melayani beberapa user secara simultan, jumlah antena yang digunakan dapat mencapai ratusan atau bahkan lebih. Penelitian ini membahas sistem downlink MU-Massive MIMO pada model kanal Rayleigh fading. Sebagai pembanding, sistem juga disimulasikan pada kondisi kanal Uniformly Random Line of Sight (UR-LOS). Sistem ini diasumsikan bekerja pada kanal frequency-selective dan menggunakan teknik Orthogonal Frequency Division Muliplexing (OFDM) untuk mengatasi Intersymbol Interference (ISI). Kinerja sistem diamati pada dua kondisi, kondisi pertama adalah BTS diasumsikan mengetahui informasi kanal (perfect CSI), kondisi kedua adalah BTS melakukan proses estimasi kanal pada suatu coherence interval tertentu (imperfect CSI). BTS mengestimasi kanal dari pilot yang dikirimkan oleh user dengan menggunakan teknik Minimum Mean Square Error (MMSE). Untuk mengatasi adanya interferensi antar user digunakan beberapa teknik linier precoding, yaitu Maximum Ratio (MRT), Zero Forcing (ZF) dan MMSE. Parameter yang diamati dari penelitian ini adalah efisiensi spektrum.
Dari hasil simulasi dapat diketahui bahwa penggunaan jumlah antena array dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan efisiensi spektrum secara signifikan. Efisiensi spektrum skema downlink sangat bergantung pada teknik precoding yang digunakan. Precoding ZF dan MMSE bekerja lebih baik daripada precoding MRT dalam meminimalisasi interferensi antar user, sehingga menghasilkan efisiensi spektrum yang lebih tinggi. Pada kondisi imperfect CSI, efisiensi spektrum akan mengalami penurunan dan menjadi lebih rendah daripada kondisi perfect CSI ketika SNR uplink menurun. Hal ini dikarenakan error estimasi kanal semakin besar ketika SNR uplink turun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ika Rohmatul Aini
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:02
Last Modified: 18 Jan 2024 08:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82825

Actions (login required)

View Item View Item