Studi Eksperimen Transmisi dan Refleksi Gelombang pada Floating Breakwater Bergerigi Tipe-1 dengan Variasi Slope dan Porositas

Putra, Dhaniel (2021) Studi Eksperimen Transmisi dan Refleksi Gelombang pada Floating Breakwater Bergerigi Tipe-1 dengan Variasi Slope dan Porositas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000137-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311640000137-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Floating breakwater merupakan alternatif dari breakwater tipe fixed yang memiliki keunggulan yaitu biaya yang lebih ekonomis, dapat dibangun pada kondisi tanah yang buruk, serta memungkinkan untuk dipindahkan dan diatur ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai koefisien transmisi dan refleksi dari beberapa model floating breakwater. Model yang diuji dalam penelitian ini adalah floating breakwater dengan slope bergerigi tipe-1 dan tipe ponton yang digunakan sebagai acuan dengan harapan slope bergerigi tipe-1 memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan tipe ponton. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada sudut slope 45° memiliki nilai koefisien transmisi dan refleksi yang lebih kecil daripada sudut slope 60°. Variasi porositas slope 0% memiliki nilai koefisien transmisi yang lebih kecil dan koefisien refleksi yang lebih besar daripada porositas slope 5%. Model tipe ponton memiliki nilai koefisien transmisi yang lebih rendah daripada model slope gerigi tipe-1, dengan nilai koefisien transmisi rata – rata 0.8. Model slope gerigi tipe-1 memiliki nilai koefisien refleksi yang lebih rendah daripada tipe ponton, dengan nilai koefisien refleksi terendah pada model 3 (Kr rata – rata = 0.16).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Floating breakwater, tipe ponton, slope bergerigi tipe-1, transmisi, refleksi, studi eksperimen.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203.5 Coastal engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: DHANIEL JULIAN SESARES VARIJD PUTRA
Date Deposited: 26 Feb 2021 00:32
Last Modified: 26 Feb 2021 00:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82857

Actions (login required)

View Item View Item