Analisis Keterkaitan antara Chidamber dan Kemerer (CK) Metriks dan Modularitas pada Perangkat Lunak Berbasis Objek

Yuniasri, Dini (2021) Analisis Keterkaitan antara Chidamber dan Kemerer (CK) Metriks dan Modularitas pada Perangkat Lunak Berbasis Objek. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111950015005-Master_Thesis.pdf] Text
05111950015005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Modularitas adalah pengukuran kualitas yang penting dalam perangkat lunak, sedangkan CK metrics merupakan model pengukuran metriks yang populer digunakan saat ini. Kedua model penilaian memiliki keterkaitan dengan beberapa model penilaian kualitas lainnya, misalnya fleksibilitas dan kompleksitas. Akan tetapi, tidak ada bukti konkret bahwa CK metrics berkorelasi dengan modularitas. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, kami mendemonstrasikan hubungan modularitas berdasarkan ISO 25010 dan CK metrics melalui serangkaian percobaan menggunakan metode korelasi Pearson dan metode korelasi Spearman. Tidak hanya menunjukkan hubungan antar metriks, penerapan metode korelasi Spearman dan Pearson juga dapat menunjukkan tingkat hubungan antar metriks secara kuantitatif. Dalam penelitian ini, kami menghitung nilai aspek modularitas berbasis ISO 25010 dan setiap metriks pada CK metrics menggunakan alat yang mengimplementasikan pendekatan text processing. Metriks ini diukur untuk tingkat keterlibatan untuk mengetahui faktor mana yang saling mempengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DIT berkorelasi positif dengan aspek CCC, sedangkan CBO, DIT, NOC, dan LCOM berkorelasi positif dengan aspek CC. Sedangkan CBO, WMC dan RFC merupakan metriks yang berkorelasi negatif dengan aspek CCC. Dan aspek yang berkorelasi negatif dengan aspek CC adalah metriks WMC dan CCC. Hasil penerapan metode korelasi Spearman dan Pearson menunjukkan bahwa setiap metriks pada CK metriks memiliki korelasi pada aspek modularitas ISO 25010.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modularitas, CK metriks, Korelasi Pearson, Korelasi Spearman, Modularity, CK metrics, Metrics relationship, Pearson correlation, Spearman correlation.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Dini Yuniasri
Date Deposited: 27 Feb 2021 06:38
Last Modified: 27 Feb 2021 06:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82957

Actions (login required)

View Item View Item