Perencanaan Singkawang International Airport Di Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat

Murtadha, Faiz (2021) Perencanaan Singkawang International Airport Di Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000140-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111640000140-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Singkawang merupakan salah satu kota di Indonesia dengan mayoritas penduduknya berasal dari etnis Tionghoa, hal ini membuat budaya Tionghoa sangat kental di kota tersebut. Memiliki letak geografis yang dekat dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, serta Brunei Darussalam, kota Singkawang dapat menjadi objek pariwisata dari wisatawan mancanegara dan lokal tentunya. Singkawang berpotensi menjadi pusat pengembangan budaya Tionghoa di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) kota Singkawang pada sektor pariwisata, menunjukkan bahwa pada tahun 2017 jumlah pengunjung yang datang ke kota tersebut mencapai 642.479 wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak tahun 2010. Bandara atau bandar udara yang juga populer disebut dengan istilah airport merupakan sebuah fasilitas di mana pesawat terbang seperti pesawat udara dan helikopter dapat lepas landas dan mendarat. Suatu bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landasan pacu atau helipad (untuk pendaratan helikopter), sedangkan untuk bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya seperti bangunan terminal dan hangar.

Tahap pertama dalam mengerjakan Perencanaan Singkawang International Airport adalah perumusan masalah dan studi literatur yang bertujuan mengetahui metode apa yang digunakan dalam merencanakan suatu bandara baru. Dengan mengumpulkan data sekunder seperti data PDRB kota Singkawang, pergerakan jumlah penumpang yang akan dilayani, karakteristik pesawat. Selanjutnya dengan menggunakan data pergerakan pesawat dilakukan perhitungan dimensi panjang dan kapasitas runway, dimensi taxiway dimensi dan jumlah apron yang dibutuhkan serta luas kapasitas terminal yang akan digunakan pada operasional bandara. Selanjutnya dilakukan desain layout Singkawang International Aiport.
Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan hasil peramalan penumpang dan pesawat yakni 72.867 penumpang serta 1.381 pesawat pada tahun 2033. Bandara SIA memiliki kapasitas 4 pesawat/jam dan 146 penumpang saat jam sibuk Kemudian runway bandara SIA membentang kearah runway 36 dan runway 18 dengan panjang runway 2721m dengan lebar 45m dan bahu runway 6m, lokasi exit taxiway 2161m dari kedua ujung runway dengan lebar 15m dan bahu taxiway 5m, serta apron dengan luas 37373m₂ memiliki 3 gate dan area terminal dengan luas 1630m₂.
======================================================================================================

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Airport Planning, Singkawang City, Singkawang International Airport,Kota Singkawang, Singkawang International Airport, Perencanaan Bandara
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7.H5 Airports--Planning. Airport terminals--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faiz Murtadha
Date Deposited: 01 Mar 2021 05:08
Last Modified: 16 Nov 2021 04:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83017

Actions (login required)

View Item View Item