Studi Efektivitas Dan Efisiensi Kombinasi Penempatan Tuned Liquid Column Damper Di Berbagai Tingkat Lantai Pada Modifikasi Struktur Gedung Keuangan Negara Jayapura Dengan Sistem Pracetak

Charano, Jose Kent (2021) Studi Efektivitas Dan Efisiensi Kombinasi Penempatan Tuned Liquid Column Damper Di Berbagai Tingkat Lantai Pada Modifikasi Struktur Gedung Keuangan Negara Jayapura Dengan Sistem Pracetak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000033-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111740000033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (39MB) | Preview

Abstract

Gedung Keuangan Negara (GKN) adalah kantor perwakilan vertikal Kementrian Keuangan yang tersebar di beberapa ibukota provinsi dan ibukota kabupaten/kota. Salah satu GKN berada di Jayapura, Papua, yang akan dijadikan dasar dan fokus pengerjaan tugas akhir ini. Data konstruksi gedung GKN Jayapura yang telah ada menggunakan metode pelaksanaan cor di tempat, dan akan disesuaikan melalui modifikasi dengan sistem pracetak. Selain modifikasi dengan sistem beton pracetak, dilakukan modifikasi denah gedung agar memiliki bentuk yang lebih beraturan secara horizontal, di mana bentuk denah dari lantai paling bawah hingga lantai paling atas adalah tipikal, dan dimodifikasi menjadi bentuk huruf “L” simetris dengan diluruskan dan diratakannya bagian-bagian tonjolan dari denah. Terakhir, keadaan eksisting GKN Jayapura adalah memiliki 10 tingkat lantai, dalam pengerjaan tugas akhir ini akan dilakukan juga modifikasi penambahan jumlah tingkat lantai menjadi lebih tinggi, yaitu sebanyak 12 tingkat. Dengan jumlah lantai sebanyak 12 tingkat, GKN Jayapura dapat digolongkan menjadi sebagai gedung yang relatif tinggi. Gedung yang demikian cenderung lebih fleksibel dan memiliki tingkat peredaman yang rendah. Hal ini terlebih lagi penting untuk modifikasi gedung dengan sistem beton pracetak, yang memiliki kerentanan lebih tinggi terhadap pengaruh gaya gempa. Demikian, untuk memenuhi kebutuhan reduksi pengaruh gempa pada GKN Jayapura dengan sistem beton pracetak, dapat digunakan damper. Pada tugas akhir ini tipe damper yang digunakan adalah Tuned Liquid Column Damper (TLCD), yaitu tipe damper yang berbasis massa cairan, yang pada umumnya adalah air. TLCD yang ditempatkan diekspektasi akan memberikan pengaruh berupa peningkatan tahanan struktur gedung terhadap gaya lateral, baik yang disebabkan oleh gempa maupun angin. Namun efektivitas dan efisiensi penggunaan TLCD, khususnya pada GKN Jayapura, belum diketahui, sehingga dalam studi ini hal tersebut akan dikaji hingga diperoleh sebuah hasil berupa data serta kesimpulan mengenai penggunaan TLCD yang paling efektif dan efisien.

=========================================================================================================

Gedung Keuangan Negara (State Financial Building, GKN) is the vertical representative office of the Financial Minister which is spread around several provinces’ main cities. One GKN is located in Jayapura, Papua, which is going to be made the base and focus of this final thesis. Construction data of GKN Jayapura which used on-site concrete will then be modified with precast systems. Other then modification by precast system, the floor plan is also simplified so it becomes more horizontally regular, where the shape of the floor plan is also made typical across all floors, and the shape is simplified a smooth letter “L” shape, removing the curve-shaped parts. Lastly, the existing condition of GKN Jayapura is that it has 10 stories, in this final thesis, additional two floors will be added to the design, resulting in a total of 12 floors. With 12 floors, GKN Jayapura can be categorized as a relatively tall building. Such building tends to be more flexible and have a lower damping ratio. This is even more imporant for buildings designed with the precast system, which is more prone to failure caused by earthquakes. Therefore, to better satisfy the need of reducing the effects of earthquakes on GKN Jayapura precast system design, a damper can be used. In this final thesis, the type of damper used is the Tuned Liquid Column Damper (TLCD), which is a damper that is based-off liquid mass, usually water. TLCD that is placed on the building is then expected to increase the building’s resistance to lateral forces and motions, either caused by earthquakes or wind loads. That said, the effectivity and efficiency of TLCD use, especially on GKN Jayapura, is still a lot unknown in general, about which will be studied in this final thesis to obtain several data and conclusions regarding the effective and efficient use of TLCD.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: GKN Jayapura, Modifikasi, Sistem Beton Pracetak, rentan gempa, TLCD, Efektif, Efisien GKN Jayapura, Modification, Precast Concrete System, prone to earthquakes, TLCD, Effective, Efficient
Subjects: Q Science
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: JOSE KENT CHARANO
Date Deposited: 01 Mar 2021 08:19
Last Modified: 19 May 2023 08:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83050

Actions (login required)

View Item View Item