Analisa Minat Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Universitas Swasta Di Surabaya Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Christian, Christian (2020) Analisa Minat Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Universitas Swasta Di Surabaya Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09211850054001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di masa modern ini sangatlah berkembang pesat. Musibah pandemi COVID-19 memaksa masyarakat untuk melakukan kegiatan tanpa berkerumun menyebabkan pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi dilakukan secara jarak jauh. Dengan aplikasi meeting online zoom dapat memungkinkan perkuliahan dan proses belajar mengajar terjadi secara jarak jauh. Universitas perlu tetap meningkatkan mutu pendidikan meskipun dalam proses belajar mengajar yang tidak langsung maupun langsung secara jarak jauh atau daring. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan analisis pemahaman secara empiris yang berkaitan dengan pengaruh faktor – faktor yaitu minat penggunaan, persespsi kemudahan, persepsi kegunaan, perilaku ketika menggunakan, kualitas instruktur, kualitas sistem pendidikan, kualitas informasi, pengalaman dan relevansi pekerjaan dalam pemakaian aplikasi zoom sebagai media pembelajaran daring guna meningkatkan mutu pendidikan dengan pendekatan Technology of Acceptance Model (TAM). Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa universitas swasta di Surabaya yang masih aktif dalam studi dan menggunakan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online sejumlah 125 responden. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Dalam pembahasannya juga didiskusikan implikasi baik secara teoritis, metodologis, dan peluang penelitian lanjutan. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis yang telah dilakukan ditemukan bahwa kualitas instruktur, kualitas sistem edukasi dan kualitas informasi berpengaruh positif pada minat penggunaan. Relevansi pekerjaan dan pengalaman berpengaruh positif pada persepsi kegunaan. Persepsi kemudahan tidak berpengaruh positif pada minat penggunaan. Poin kualitas informasi, kualitas instruktur, dan kualitas sistem edukasi merupakan poin penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. ===================================================================================================== The development of information technology in modern times is growing rapidly. The COVID-19 pandemic accident forces people to carry out activities without crowding causing education ranging from basic education to higher education to be carried out remotely. With the online meeting application zoom can allow lectures and teaching and learning processes to occur remotely. Universities need to continue to improve the quality of education even in the teaching and learning process indirectly or directly remotely or online. The formulation of the problem and the objectives of this study are expected to provide an empirical analysis of understanding related to the influence of factors, namely interest in use, perception of ease, perceived usefulness, behavior when using, quality of instructors, quality of education system, quality of information, experience and job relevance in use. zoom application as an online learning medium to improve the quality of education with the Technology of Acceptance Model (TAM) approach. The sample in this study were 125 private university students in Surabaya who were still active in their studies and used the zoom application as an online learning medium. Tests are carried out using the Structural Equation Model (SEM). In the discussion also discussed implications both theoretically, methodologically, and opportunities for further research. Based on the results of testing and analysis, it was found that the quality of instructors, the quality of the education system and the quality of information had a positive effect on interest in use. Job and experience relevance has a positive effect on perceived usefulness. Perceived ease does not have a positive effect on interest in use. Points of information quality, quality of instructors, and quality of the education system are important points in improving the quality of education.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Zoom, Universitas Surabaya, Technology Acceptence Model ,E-Learning, Zoom, Surabaya University, Technology Acceptence Model 2
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1044.87 Internet in education. Virtual reality in education.
Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Christian Christian
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:06
Last Modified: 02 Mar 2021 03:06
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/83092

Actions (login required)

View Item View Item