Upaya Mereduksi Biaya Operasional Warehouse Barang Jadi Menggunakan Pendekatan Lean

Isnaini, Nurul (2021) Upaya Mereduksi Biaya Operasional Warehouse Barang Jadi Menggunakan Pendekatan Lean. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09211850016003-Master_thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (4MB)

Abstract

PT. ABC adalah salah satu perusahaan manufaktur penghasil sweeteners yang melalui berbagai tahapan proses produksi. Di tahun fiskal 2019/2020 (19/20), biaya operasional warehouse diketahui over spending 5 milyar rupiah. Dampaknya adalah rendahnya profit dan tidak ter-cover nya fixed cost yang menyebabkan perusahaan tidak bisa bersaing di pasar bebas. Studi awal menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh kegiatan operasi warehouse yang tidak efisien sehingga menimbulkan pemborosan. Untuk itu, perusahaan perlu melakukan perbaikan dengan cara mengidentifikasi pemborosan, penyebab pemborosan dan kemudian melakukan tindakan untuk mengurangi atau menghilangkan pemborosan. Penelitian ini menggunakan pendekatan lean yang bertujuan memperbaiki operasional warehouse dengan mengaplikasikan Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, Gemba Shikumi dan root cause analysis. Berdasarkan hasil analisa maka diidentifikasi pemborosan kritis berupa transfer barang jadi powder ke warehouse eksternal yang menyebabkan tambahan aktifitas transportasi, fumigasi dan juga tambahan biaya rental warehouse eksternal dengan akar penyebabnya adalah karena kondisi warehouse internal yang tidak memenuhi syarat untuk dilakukan loading barang langsung ke fasilitas customer baik itu karena layout dan juga karena kondisi bangunan yang tidak memenuhi syarat food safety perusahaan sehingga direkomendasikan untuk melakukan revitalisasi warehouse-warehouse yang ada di dalam pabrik dan juga merubah layout fungsi warehouse dan alur barang sehingga operasional warehouse akan lebih efektif dan efisien dan biaya operasional bisa di tekan di tingkatan yang diinginkan. Potensi penghematan yang bisa didapatkan dengan mengaplikasikan solusi yang direkomendasikan adalah sebesar sekitar empat milyar rupiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Nurul Isnaini
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:32
Last Modified: 02 Mar 2021 03:27
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/83136

Actions (login required)

View Item View Item