Analisa Pengaruh Promosi Dan Image Konsumen Pada Aplikasi Pembelian Kopi Terhadap Minat Beli Menggunakan Technology Acceptance Model 2 (TAM 2)

Istifani, Alvisha Farrasita (2021) Analisa Pengaruh Promosi Dan Image Konsumen Pada Aplikasi Pembelian Kopi Terhadap Minat Beli Menggunakan Technology Acceptance Model 2 (TAM 2). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09211850054007-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi sedang berada pada fase keempat dari revolusi industri yaitu Industry 4.0 yang semakin berkembang pesat sepanjang tahun. Revolusi industri 4.0 saat ini membawa dampak yang signifikan khususnya pada industri kopi. Terlebih, bisnis coffee shop di Indonesia sedang berada pada titik puncak. Namun, merintis bisnis kopi pada era saat ini tidaklah mudah untuk dijalankan sehingga masing-masing pebisnis menonjolkan keunggulannya masingmasing. Fore Coffee merupakan salah satu coffee shop yang tidak hanya mementingkan outlet fisik saja, melainkan menyediakan aplikasi pemesanan kopi yang dihadirkan pada perangkat iOS & Android. Aplikasi pembelian kopi pada Fore memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung proses pembelian pelanggan dan membantu perusahaan dalam melakukan pemasaran produk karena langsung terhubung dengan aplikasi. Prioritas utama dari perusahaan adalah untuk memahami kebutuhan pelanggan, dan menentukan bagaimana langkah untuk memberikan layanan yang jauh lebih baik kepada pelanggan. Namun, kemudahan dan pengaruh promosi terhadap minat pembelian belum pernah di ukur sebelumnya pada perusahaan. Aplikasi pembelian kopi tersebut harus di analisa untuk mengetahui persepsi penerimaan dan manfaat yang dirasakan oleh pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh dari promosi penjualan terhadap minat pembelian pada aplikasi pembelian kopi serta faktor-faktor apa saja yang dapat membuat konsumen memiliki minat pembelian ketika mereka melakukan pembelian kopi. Sehingga pihak perusahaan dapat meninjau kembali strategi promosi penjualan yang akan dilakukan pada aplikasi tersebut. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan kuisioner secara online yang disebar sebanyak 150 responden. Data yang dihasilkan dari kuisioner selanjutnya diolah dengan menggunakan software SPSS. Metode Technology Acceptance Model 2 (TAM 2) merupakan metode yang paling sesuai untuk digunakan sebagai analisa adopsi penerimaan aplikasi yang didasarkan oleh beberapa konstruk yang terdapat pada TAM 2. Pengujian selanjutnya menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah analisis faktor yang mempengaruhi Promotion dan Intention to use dalam penggunaan aplikasi pembelian kopi. ========================================================== The development of technology is in the fourth phase of the industrial revolution, namely Industry 4.0 which is growing rapidly throughout the year. The current industrial revolution 4.0 has a significant impact especially on the coffee industry. Moreover, the coffee shop business in Indonesia is at a tippingpoint. However, pioneering the coffee business in this era is not easy to run so that each businessman highlights their own advantages. Fore Coffee is one of the coffee shops that not only attaches importance to physical outlets, but also provides coffee ordering apps that are presented on iOS & Android devices. The coffee purchase app on Fore has a very important role to support the customer purchasing process and help the company in marketing the product because it is directly connected to the app. The company's top priority is to understand customer needs and determine how to deliver a much better service to customers. However, the ease and effect of promotion on purchasing interests has never been measured before on the company. The coffee purchase application must be analyzed to find out the perception of acceptance and benefits felt by customers. This study was conducted to identify the influence of sales promotion on purchasing interest in coffee buying apps as well as what factors can make consumers have a buying interest when they make a coffee purchase. So that the company can review the sales promotion strategy that will be carried out on the application. Data collection conducted by researchers using online questionnaires distributed by 121 respondents. The data generated from the questionnaire is then processed using SPSS software. Technology Acceptance Model 2 (TAM 2) method is the most suitable method to be used as an analysis of application acceptance adoption based on several constructs contained in TAM 2. Further testing using Structural Equation Modeling (SEM). The result of this study is an analysis of factors that influence Promotion and Intention to use in the use of coffee purchase applications.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi pembelian kopi, Technology Acceptance Model 2, Perceived ease of use, Promotion, Structural Equation Modelling, Minat Beli ========================================================== Coffee Purchasing Application, Technology Acceptance Model 2, Perceived Ease of Use, Promotion, Purchase Intention
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Alvisha Farrasita Istifani
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:37
Last Modified: 02 Mar 2021 03:37
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/83145

Actions (login required)

View Item View Item