Perencanaan Jembatan Kereta Api Jalur Ganda Di Tarik, Sidoarjo Dalam Rangka Proyek Jalur Ganda Surabaya-Mojokerto

Sabadilla, Rishaldy Aziz (2021) Perencanaan Jembatan Kereta Api Jalur Ganda Di Tarik, Sidoarjo Dalam Rangka Proyek Jalur Ganda Surabaya-Mojokerto. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000111_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111540000111_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Melihat perkembangan moda transportasi kereta api yang signifikan, ternyata perkembangan ini tidak singkron dengan jalur jalan rel yang tersedia di antara lintas Surabaya-Mojokerto di Stasiun Tarik yang hanya terdapat satu jalan rel (jalur tunggal). Jalur tunggal mempunyai keterbatasan yaitu: persilangan antar kereta api yang berlawanan. Persilangan ini jika tepat waktu, akan tetap teratur. Namun jika serangkai kereta yang melintas tidak tepat jadwal, kereta lain yang mengalah akan mengalami keterlambatan. Bisa dikatakan jalur kereta api adalah jalur yang kontinu. Dan solusi permasalahan ini adalah membangun jembatan kereta api baru di sebelah barat Stasiun Tarik.
Jembatan kereta api Tarik baru ini dirancang dengan perpaduan rangka warren yang membusur untuk mengurangi defleksi akibat beban kereta api yang cukup masif. Jembatan baru ini dirancang dengan jumlah bentang sebanyak 3 bentang dengan panjang bentang 80 meter dan mempunyai segmen sepanjang 8 meter.
Jembatan jalur ganda Tarik ini direncanakan menggunakan pembebanan RM 21 dan memakai ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 60 tahun 2012. Untuk peraturan lainnya, menggunakan SNI: 1725 2016, 2833 2016. Perhitungan dan penggambaran menggunakan Ms Excel, SAP2000, dan AutoCAD.
Nilai-nilai yang bisa disimpulkan adalah: Kotak 500 x 500 x 50 x 50 (rangka portal/A1), jumlah pancang D60 pada abutmen yaitu 42 batang sedalam lebih dari 40 m dan jumlah pancang D80 pada pilar yaitu 64 batang sedalam lebih dari 40 m. Nilai pancang yang demikian besar dikarenakan tanah yang lemah (kelas D). Selain itu, poer dan pancang dirancang mampu menahan gaya normal kereta dan gaya lateral arus sungai.
=========================================================================================================
Notice the significant development of rail transportation modes, it turns out that this development is not sync with the available rail road tracks between Surabaya-Mojokerto route at the Tarik Station which only has one rail road (single line). Single line has limitations: crossing between opposite trains. The opposite train cross, if it is on time, the train schedules will be tidy. However, if a series of trains does not pass on schedule, the other trains that give in, will be delayed. The train lines are continuous line and the problem solve for delay-crossing train is building a new double railway bridge which crossed Brantas river, on west side Tarik Station.
The new railway bridge of Tarik designed with combination warren frame and arch shape for reduce bridge deflection because of the massive train mass. The new bridge designed with 3 same span which a span 80 meters long and has a segment 8 meters long.
This double track bridge of Tarik is planned to use a load of RM 21 and use Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 60 tahun 2012. For other regulations, use SNI: 1725 2016, 2833 2016. Calculations and depictions used Ms Excel, SAP2000, and AutoCAD.
The values that can be summarized are: box 500 x 500 x 50 x 50 (portal frame/A1) total of D60 pile in the abutment is 42 piles more than 40 m deep and total of D80 pile on the pillar is 64 piles more than 40 m deep. Such a large piles is due to weak soil (class D). Other than that, piles and pile cap is designed to withstand normal train forces and lateral forces of river currents.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jembatan busur, jembatan rangka, jalur ganda kereta api, jembatan bentang menengah, Tarik. Arch bridge, frame bridge, double track railway, middle span bridge, Tarik
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF240 Railway construction
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF270 Railway structures and buildings
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rishaldy Aziz Sabadilla
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:50
Last Modified: 19 Jun 2024 06:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83434

Actions (login required)

View Item View Item