Analisis Risiko Gempabumi dan Tsunami di Fasilitas PT SSS

Nursalim, Nursalim (2021) Analisis Risiko Gempabumi dan Tsunami di Fasilitas PT SSS. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211750025008-Master_Thesis.pdf] Text
09211750025008-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kondisi tektonik yang aktif, hal ini terjadi karena terdapat pertemuan 4 lempeng benua. Kondisi tektonik yang aktif menjadikan Indonesia rawan akan bencana gempabumi dan tsunami. Bencana gempabumi dan tsunami dapat mempengaruhi kegiatan bisnis, salah satunya adalah bisnis yang dijalankan oleh PT SSS. PT SSS memiliki 15 fasilitas kantor dan pabrik milik sendiri yang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia. Fasilitas tersebut memiliki ancaman dari bencana gempabumi dan tsunami, oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai risiko bencana gempabumi dan tsunami pada lokasi bangunan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi zona risiko bencana gempabumi dan tsunami pada 15 (lima belas) fasilitas milik PT SSS yang tersebar di Indonesia, serta membuat rekomendasi mitigasi bencana gempabumi dan tsunami pada lokasi fasilitas yang memiliki tingkat risiko bencana tinggi.
Analisis risiko gempabumi dan tsunami diolah berdasarkan dari data sekunder yang bersumber dari instansi pemerintah dan data yang dimiliki oleh PT SSS. Data yang dibutuhkan untuk analisis risiko gempabumi dan tsunami yaitu data ancaman, data kerentanan, dan kapasitas perusahaan menghadapi bencana. Analisis pembobotan variabel ancaman, kerentanan, dan kapasitas gempabumi dan tsunami dilakukan dengan metode Parwaise Comparison. Setelah didapatkan nilai ancaman, kerentanan, dan kapasitas selanjutnya dilakukan analisis risiko berdasarkan Perka BNPB No. 2 Tahun 2012.
Hasil analisis risiko gempabumi pada masing-masing fasilitas menunjukkan bahwa umumnya semua lokasi memiliki risiko gempabumi sangat rendah hingga rendah, lokasi dengan risiko gempabumi sedang adalah Banda Aceh dan Bandung, sedangkan lokasi dengan risiko gempabumi tinggi adalah Padang. Untuk hasil analisis risiko tsunami, semua lokasi memiliki zona risiko sangat rendah, kecuali lokasi Banda Aceh dan Denpasar yang memiliki zona risiko rendah. Mitigasi bencana atau pengurangan risiko yang direkomendasikan untuk lokasi Padang yang memiliki zona risiko gempa tinggi, adalah dengan meningkatkan kapasitas nonstruktural dan mengurangi kerentanan infrastruktur dengan cara melakukan perkuatan bangunan
================================================================================================
Indonesia is one of the countries with active tectonic conditions, this happens because there is a crossing of 4 continental plates. Active tectonic conditions make Indonesia vulnerable to earthquake and tsunami disasters. Earthquake and tsunami disasters impact for businese activities, for the example is a business at activities PT SSS. PT SSS has 15 office facilities and factories located throughout Indonesia. The condition of these facilities is threatened by the earthquake and tsunami, therefore research on the risk of earthquake and tsunami disasters is required.
This study to identify earthquake and tsunami risk zones in 15 (fifteen) PT SSS facilities spread across Indonesia, also to make recommendations for earthquake and tsunami disaster mitigation at facility locations that have a high level of disaster risk.
The earthquake and tsunami risk analysis are based on secondary data sourced from government agencies and based on data published by PT SSS. Requirement data’s for earthquake and tsunami risk analysis are threat data, vulnerability data, and the company's capacity to protect from disasters. The weighting analysis of the threat, vulnerability and capacity of the earthquake and tsunami was carried out using parwaise comparison method. After obtaining the threat, vulnerability and capacity values, a risk analysis is carried out based on Perka BNPB No. 2 of 2012.
The results of earthquake risk analysis each facility show that mostly all locations have a very low and low risk of earthquakes, location with medium earthqake risk are Banda Aceh and Bandung, then locations with high eartquake risk is Padang. For the results of tsunami risk analysis, all location have a very low risk zone, except locations of Banda Aceh and Denpasar which have low risk zone. Disaster mitigation for Padang location that have a high risk zone by increasing nonstructural capacity and reducing vulnerability by building reinforcement.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Risk Analysis, Earthquake, Tsunami
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Nursalim .
Date Deposited: 06 Mar 2021 06:30
Last Modified: 06 Mar 2021 07:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83579

Actions (login required)

View Item View Item