Perancangan Buku Referensi Visual Ragam Arsitektur Di Lima Kawasan Cagar Budaya Kota Yogyakarta

Roziqin, Irfan Noor (2021) Perancangan Buku Referensi Visual Ragam Arsitektur Di Lima Kawasan Cagar Budaya Kota Yogyakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000073-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311540000073-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Modernisasi sangat mempengaruhi perkembangan dunia arsitektur dalam hal penggunaan gaya bangunan yang semakin mengalami penyeragaman menuju kearah yang modern. Kota Yogyakarta memiliki lima Kawasan cagar Budaya (KCB) yang setiap kawasannya memiliki citra yang khas dan berbeda satu sama lain. Dampak yang disebabkan modernisasi dapat menyebabkan perubahan preferensi dalam mendirikan bangunan yang nantinya akan berujung pada hilangnya citra lokal dari kawasan cagar budaya. Oleh karena itu diperlukan adanya media yang dapat membantu melestarikan citra khas dari setiap kawasan cagar di Kota Yogyakarta sehingga dapat dijadikan acuan yang membantu dalam pengembangan dan pelestarian. Pada perancangan ini digunakan beberapa metode diantaranya dengan menggunakan pengumpulan data berupa observasi, studi literatur, studi eksperimental dan depth interview kepada beberapa narasumber yang ahli dalam bidang konservasi cagar budaya dan desain visual. Kegiatan observasi dilakukan untuk mengkaji dan mendapatkan data yang bersifat non-tekstual terhadap kawasan cagar yang meliputi kawasan Malioboro, Kotabaru, Kotagede, Pakualaman dan Keraton. Studi literatur digunakan untuk mendapatkan data valid yang mencangkum informasi mengenai bangunan yang ada di kawasan cagar budaya. Studi literatur dilakukan terhadap arsip arsip dan dokumen yang memiliki data terkait bangunan di kawasan cagar budaya. Depth interview dilakukan untuk mendapatkan informasi detail terhadap permasalahan dan solusi yang ditawarkan dari narasumber yang ahli dalam bidangnya. Seluruh konsep perancangan ini akan dirangkum dalam sebuah buku yang berisi materi mengenai referensi bangunan-bangunan dan komponennya yang disajikan dengan menggunakan elemen elemen visual pada outpunya. Buku referensi visual yang dirancang dengan menggunakan visual pendukung ini nantinya akan dapat digunakan sebagai media yang membantu melestarikan nilai nilai lokal dan citra dari kawasan cagar budaya sesuai dengan perjalanan historisnya.
====================================================================
Modernization has heavily influenced the development of architecture, especially in terms of the use of building styles that are increasingly shifting towards uniformity. The city of Yogyakarta is known for having five cultural heritage area (KCB), in which each area has a very distinctive image from one another. The impact caused by modernization can lead to the loss of local image that has been formed in quite a long time. Therefore, it is necessary to have a media that is able to help preserve the distinctive image of each heritage area in Yogyakarta city so that it can be used as a reference for the upcoming generation. In this design, several methods are used. Namely, by using data collection in form of observation, literary study, experimental study, and depth interview conducted to several parties that are experts in the field of conservation and visual design. Observation activities were carried out to study and obtain non-textual data on the heritage area which include Malioboro, Kotabaru, Kotagede, Pakualaman, and Keraton. Literature studies are used to obtain valid data that summarizes information about the buildings in the cultural heritage areas. While depth interviews are conducted to obtain detailed information on the problems and solutions offered from the parties who are experts in their fields. The whole design concept will be compiled in a book that contains material regarding references of the buildings and their components, which are presented using the visual medium in the design output. The visual reference book designed using supporting visuals can be later be used as a medium that helps to preserve local values and images of cultural heritage areas in accordance with their identity and historical journey.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kawasan cagar budaya, kota yogyakarta, buku referensi visual, arsitektur
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Irfan Noor Roziqin
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:36
Last Modified: 08 Mar 2021 03:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83746

Actions (login required)

View Item View Item