Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Berdasarkan Indikator Pendidikan Menggunakan Metode Kmeans dan Fuzzy C-Means

Latumaulita, Felaunia Donald (2021) Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Berdasarkan Indikator Pendidikan Menggunakan Metode Kmeans dan Fuzzy C-Means. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

[thumbnail of 06211540007004-Undergraduated_Thesis.pdf] Text
06211540007004-Undergraduated_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam
proses peningkatan kualitas sumber daya manusia, oleh karena itu pendidikan selalu mengalami perbaikan agar memenuhi kriteria pada Standar Nasional Pedidikan (SNP). Guru merupakan salah satu elemen penting yang terdapat pada SNP. Berdasarkan hasil uji kompetensi guru tahun 2018 provinsi maluku menempati posisi ke 2 terendah dengan perolehan skor 50,79 sehingga kualitas pendidikan di maluku dapat dikategorikan buruk, sedangkan komitmen pemerintah sebagaiamana tertulis dalam undang-undang yaitu melaksanakan pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu dalam menunjang perbaikan mutu pendidikan di Maluku maka dilakukan pengelompokan kabupaten/kota di provinsi Maluku dengan metode K-means dan Fuzzy C-means. Data yang digunakan adalah data indikator mutu pendidikan pada 11 kabupaten di Provinsi Maluku yang dikeluarkan oleh kemdikbud yang dibagi kedalam 2 dimensi yaitu dimensi infrastruktur dan dimensi pembelajaran. Untuk dimensi infrastrukur, metode Fuzzy C-Means dengan fungsi keanggotaan linier turun 2 cluster merupakan metode terbaik. Kelompok 1 terdiri dari 6 Kabupaten/kota dengan status infrastruktur yang baik, kelompok 2 terdiri dari 5 kabupaten/kota yang memiliki status infrastruktur yang kurang baik. Untuk dimensi pembelajaran, dipilih metode K-means dengan 5 cluster sebagai metode terbaik. Kelompok 2 terdiri dari 2 Kabupaten/Kota dengan kualitas pembelajaran yang sangat baik, kelompok 5 terdiri dari 3 Kabupaten/Kota dengan kualitas pembelajaran yang baik, kelompok 3 terdiri dari 1 Kabupaten/Kota yang kualitas
pembelajarannya cukup, kelompok 1 terdiri dari 1 Kabupaten/Kota yang kualitas pembelajarannya kurang baik, dan kelompok 4 terdiri dari 4 Kabupaten/Kota yang kualitas pembelajarannya sangat kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy C-Means, KMeans, Pendidikan di Maluku
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.55 Cluster analysis
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Felaunia Donald Latumakulita
Date Deposited: 08 Mar 2021 06:46
Last Modified: 08 Mar 2021 06:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83816

Actions (login required)

View Item View Item