KAJIAN STABILITAS DAN BEBAN MAKSIMUM LERENG PADA KONDISI NORMAL DAN LERENG DENGAN PENGUATAN SHEET PILE DENGAN METODE GENERAL LIMIT EQUILIBRIUM/MORGENSTERN-PRICE DI PUBLIC ROAD 1C KM 10 PT. KALTIM PRIMA COAL

Pratiwi, Refsi (2021) KAJIAN STABILITAS DAN BEBAN MAKSIMUM LERENG PADA KONDISI NORMAL DAN LERENG DENGAN PENGUATAN SHEET PILE DENGAN METODE GENERAL LIMIT EQUILIBRIUM/MORGENSTERN-PRICE DI PUBLIC ROAD 1C KM 10 PT. KALTIM PRIMA COAL. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03411640000045_Undergraduate Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Kaltim Prima Coal (KPC) merupakan salah satu perusahaan penghasil batu bara terbesar di Indonesia yang terletak di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. Sebagian besar lahan di Sangatta adalah perbukitan, sehingga banyak dijumpai infrastruktur yang berdiri di atas lereng. Hal ini harus menjadi perhatian karena setiap lereng berpotensi terjadi longsoran. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis kestabilan lereng agar infrastruktur yang ada di atasnya tetap terjaga, dengan mengetahui tingkat faktor keamanannya, dan beban maksimum yang dapat dutahan oleh lereng. Objek yang akan diteliti adalah lereng pada infrastruktur jalan Public Road 1C KM 10 yang masih berada di wilayah kerja PT. KPC. Dalam penelitian ini, hasil faktor keamanan didapatkan dengan perhitungan faktor keamanan metode General Limit Equilibrium (GLEM/M-P) menggunakan software Slide. Hasil korelasi antara CPT dan penampang GPR adalah lereng tersusun atas litologi lempung dan pasir. Lereng pada daerah penelitian merupakan lereng yang stabil dengan nilai faktor keamanan yang tinggi, yaitu lebih dari 1.57 untuk section 1 dan 2.56 untuk section 2. Beban maksimum yang dapat ditahan oleh lereng adalah 40 kN/m2 pada lereng section 1 dan 80 kN/m2 pada lereng section 2. Apabila lereng diberi perkuatan sheet pile K700, maka lereng menahan beban hingga 250 kN/m2. Parameter tanah lereng yang mampu diberikan beban 250 kN/m2 tanpa perkuatan sheet pile adalah kohesinya dapat bernilai 120 kPa, sudut geser 47º, berat volume 19 kN/m3 untuk tanah lunak, kemudian untuk tanah medium kohesinya sebesar 154 kPa, sudut geser 50º, berat volume 19 kN/m3, lalu untuk tanah stiff kohesi sebesar 144 kPa, sudut geser 49º, berat volume sebesar 18 kN/m3, dilanjutkan dengan tanah lapisan hard dengan kohesi sebesar 190 kPa, sudut geser 56º, dan berat volume 19 kN/m3. ============================================================== PT. Kaltim Prima Coal is one of the biggest company that produces coal in Sangatta, Kutai Timur District, Indonesia. Most land in Sangatta is dominated by hills, therefore there is a lot of infrastructure that stands on the slope. This requires some analysis to maintain those infrastructure because each slope has landslide potential to occur. The object of this study is one of the road infrastructure in PT. KPC, that is Public Road 1C KM 10. In this study, the value of safety factor is obtained with General Limit Equilibrium (GLEM/M-P) method using Rocscience Slide software. Parameters that used to analyze the slope stability are cohesion and friction angle based on the result of laboratory data. Litology is determined from the correlation of data CPT and cross-section of GPR, and the result is the slope composed of clay and sand lithology. The value of safety of factor shows that both slopes are included in the category of stable slopes. The value of safety of factor in section 1 is 1.57 and 2.56 for the section 2. Maximum load capacity that the slopes can bear are 40 kN/m2 for section 1 and 80 for section 2, in terms of the value of the safety factor that is less than 1.3 If the slopes are given reinforcement with sheet pile K700, the maximum load capacity increases up to 250 kN/m2. When trying to simulate the soil parameters of both slopes to be able to withstand a load of 250 kN/m2 without sheet pile reinforcement, the cohesion could be 120 kPa, the friction angle 47, with friction angle 47, and density 19 kN/m3 for soft soil. Then the parameters of medium soils are cohesion could be 154 kPa, friction angle 50º, and density 19 kN/m3. For stiff soil the cohesion could be 144 kPa, friction angle 49º, and density 18 kN/m3, and then for hard soil the cohesion could be 190 kPa, friction angle is 56º, and density 19 kN/m3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN269 Prospecting--Geophysical methods
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Geophysics Engineering > 33201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Refsi Pratiwi
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:26
Last Modified: 09 Mar 2021 03:26
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/83835

Actions (login required)

View Item View Item