Identifikasi Faktor Keselamatan Dalam Pengembangan Manajemen Keselamatan Pengoperasian Kapal Pada Perusahaan Pelayaran

Prakoso, Miranto Anggriawan (2021) Identifikasi Faktor Keselamatan Dalam Pengembangan Manajemen Keselamatan Pengoperasian Kapal Pada Perusahaan Pelayaran. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09211950023027-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan kapal merupakan kejadian yang dialami oleh kapal yang dapat mengancam keselamatan kapal atau jiwa manusia. Pertumbuhan penumpang pelayaran laut dalam negeri pada jumlah penumpang pelayaran mengalami peningkatan sepanjang tahun. Oleh karena itu, diperlukan tingkat keselamatan dan keamanan transportasi yang lebih tinggi dan memberikan rasa aman bagi penumpang maupun barang. Penyebab terjadinya kecelakaan kapal yaitu dikarenakan oleh faktor manusia, faktor teknis dan faktor alam. Manajemen skenario kecelakaan kapal perlu dilakukan dalam menjamin keselamatan dan keamanan kapal. Karena manajemen skenario kecelakaan kapal pada kapal penumpang yang dimana muatan pada umumnya adalah manusia perlu dilakukan dengan baik. Wahana dalam melihat prospek keberlanjutan keselamatan dan keamanan kapal secara komprehensif harus dilakukan untuk dapat mengevaluasi setiap rencana penjaminan keselamatan dan keamanan kapal. Proses manajemen skenario kecelakaan kapal sering digunakan hanya secara statis dengan hanya mempertimbangkan insiden atau kecelakaan besar. Namun untuk proses secara dinamis dalam menganalisis manajemen skenario sangat diperlukan karena mempertimbangkan seluruh variabel dari sisi mengantisipasi insiden yang kecil dan insiden yang besar. Metodologi system dynamics menjadi alternatif penyelesaian masalah dengan mempertimbangkan variabel sistem dengan dinamika yang kompleks dan komprehensif. Metode pemodelan system dynamics dapat mengembangkan model yang didasarkan pada hubungan dinamis antara variabel penting untuk tujuan menggambarkan dan memodelkan perilaku sistem yang kompleks dari waktu ke waktu. Pada perancangan manajemen skenario kecelakaan kapal didapatkan skenario dengan rincian pendidikan nahkoda ANT II dan biaya preventive maintenance 60% diketahui memiliki tingkat accident rate paling rendah. Karena pada tahun ketiga tingkat kelandaian grafik lebih cepat dan accident rate lebih turun dibandingkan dengan skenario lainya.=================================================================================Ship accidents are events experienced by ships that can threaten the safety of the ship or human life. The growth of domestic sea shipping passengers on the number of passenger ship has increased throughout the year. Therefore, higher levels of transportation safety and security are needed and provide a sense of security for passengers and goods. The cause of ship accidents is due to human factors, technical factors and natural factors. Ship accident scenario management needs to be done to ensure the safety and security of the ship. Because the management of ship accident scenarios on passenger ships where the cargo is generally human needs to be done properly. A vehicle in seeing the prospects for the sustainability of ship safety and security in a comprehensive manner must be carried out in order to be able to evaluate any ship safety and security assurance plans. The ship accident scenario management process is often used only statically by considering only major incidents or accidents. However, it is necessary to dynamically analyze scenario management because it considers all variables in terms of anticipating small incidents and large incidents. System Dynamics methodology is an alternative problem solving by considering system variables with complex and comprehensive dynamics. System Dynamics modeling can develop models based on the dynamic relationships between important variables for the purpose of describing and modeling complex system behavior over time. In the ship accident scenario management design, a scenario with details of the ANT II skipper's education and 60% preventive maintenance costs is known to have the lowest accident rate. This is because in the third year the slope rate of the graph is faster and the accident rate is lower than in other scenarios.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fakor Identifikasi, Manajemen Skenario, Sustainability, System Dynamic, Kapal Penumpang, Manajemen Perawatan , Identification Factor, Management Scenario, Sustainability, System Dynamic, Passenger Ship, Ship Maintenance
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174 Technological forecasting
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Miranto Anggriawan Prakoso
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:10
Last Modified: 09 Mar 2021 04:12
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/83886

Actions (login required)

View Item View Item