Desain Multi-Purpose Research Vessel (MPRV) Dengan Konfigurasi Hybrid Propulsion System yang Optimum untuk Perairan Laut Sulawesi

Nugraha, Fuzi Wahyu (2021) Desain Multi-Purpose Research Vessel (MPRV) Dengan Konfigurasi Hybrid Propulsion System yang Optimum untuk Perairan Laut Sulawesi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111640000049_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas. Dengan luas wilayah lautnya, dibutuhkan pengelolaan yang baik untuk memaksimalkan potensi laut Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan memulai sebuah program bernama Foresight Riset Kelautan 2020-2035 salah satunya pada perairan laut Sulawesi. Program tersebut merupakan bagian dari keseriusan pemerintah dalam pengembangan riset kelautan di perairan Indonesia. Akan tetapi, Kapal-kapal LIPI tersebar di banyak institusi dan usianya sudah tua serta kelemahan dari kapal riset saat ini ialah instrumennya sudah kurang memadai untuk era terkini, sehingga saat ini LIPI mengalami kekurangan kapal riset yang memadai. Dan salah satu faktor penting dari pembangunan kapal saat ini adalah kapal yang dapat mengurangi emisi polutan yang dihasilkannya. Dikarenakan kurangnya kapal riset, perlu didesain sebuah Multi-Purpose Research Vessel (MPRV) dengan menggunakan Hybrid Propulsion System serta difasilitasi dengan peralatan yang terkini untuk perairan laut Sulawesi. Dengan adanya Hybrid Propulsion System ini, dampaknya adalah menghemat penggunaan bahan bakar fosil untuk menghasilkan teknologi yang ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yang meliputi pengumpulan data yaitu fasilitas peralatan dan laboratorium untuk menghitung ukuran utama awal MPRV, kemudian dilakukan pemeriksaan persyaratan teknisnya, salah satunya yaitu pemilihan konfigurasi dan besar kebutuhan Hybrid Propulsion System dengan menggunakan Metode Analytic Hierarchi Process (AHP). Setelah didapat ukuran utama akhir, dibuatlah rencana garis, rencana umum, safety plan dan 3D. Adapun hasil dari desain MPRV untuk perairan Laut Sulawesi ini didapatkan ukuran utama LOA : 77.56 m, LWL : 72m, LPP : 70 m, B : 16.8 m, H : 8.7 m, T : 4.8 m. Kapasitas orang di dalam kapal adalah 50 orang dengan 24 awak, 20 peneliti, dan 6 technical support. Hybrid Propulsion System yang optimum untuk MPRV ini yaitu menggunakan kombinasi 2 unit Dual Fuel Engine, 2 unit Motor Listrik dan 2 unit Flettner Rotor Sail dengan masing-masing daya sebesar 2 x 1400 kW, 2 x 1400 kW dan 2 x 60 kW. Biaya pembangunan MPRV ini sebesar Rp.126.905.126.498,87 dan Biaya operasional sebesar Rp.80.009.763.511,63. ===================================================================================================== Indonesia has a very large sea area. With its vast sea area, good management is needed to maximize the potential of Indonesia's sea. The Indonesian Institute of Sciences (LIPI) will start a program called Foresight Marine Research 2020-2035, one of which is in the waters of the Sulawesi sea. This program is part of the government's seriousness in developing marine research in Indonesian waters. However, LIPI ships are scattered in many institutions and are old and the weakness of the current research vessels is that the instruments are inadequate for the current era, so that currently LIPI is experiencing a lack of adequate research vessels. And one of the important factors of ship building today is a ship that can reduce the pollutant emission it generates. Due to the lack of research vessels, it is necessary to design a MultiPurpose Research Vessel (MPRV) using a Hybrid Propulsion System and to be facilitated with the latest equipment for Sulawesi marine waters. With this Hybrid Propulsion System, the impact is to save the use of fossil fuels to produce environmentally friendly technology. This research was carried out in several steps which included data collection, namely equipment and laboratory facilities to calculate the main dimensions of the MPRV, then checking the technical requirements, one of which was the configuration selection and the size of the need for the Hybrid Propulsion System. After obtaining the final main dimensions, a Lines Plan, General Arrangement, Safety Plan and 3D are drawn up. As for the results of the MPRV design for Sulawesi Sea, the main dimensions of LOA : 77.56 m, LWL : 72m, LPP : 70 m, B : 16.8 m, H : 8.7 m, T : 4.8 m. The capacity of the people on board is 50 people with 24 crew, 20 researchers, and 6 Technical support. The optimum Hybrid Propulsion System for this MPRV uses a combination of 2 units of Dual Fuel Engine, 2 units of Electric Motors and 2 units of Flettner Rotor Sail with each power of 2 x 1400 kW, 2 x 1400 kW and 2 x 60 kW. The building cost of MPRV is Rp.126.905.126.498,87 and operational cost is Rp.80.009.763.511,63.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analytic Hierarchi Process, Foresight Riset Kelautan, Hybrid Propulsion System, Laut Sulawesi, Multi-Purpose Research Vessel,Foresight Marine Research, Sulawesi Sea
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fuzi Wahyu Nugraha
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:53
Last Modified: 10 Mar 2021 07:53
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/83962

Actions (login required)

View Item View Item