Analisis Kesenjangan Data Sektor Kesehatan Sebagai Persiapan Integrasi Data Provinsi Jawa Timur

Rizal, Muhamad Ainur Rizal (2021) Analisis Kesenjangan Data Sektor Kesehatan Sebagai Persiapan Integrasi Data Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000059-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211640000059-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat mendorong untuk suatu kehidupan yang serba elektronik. Hal ini terlihat pula pada kegiatan pemerintah yang semakin memanfaatkan teknologi untuk mengatasi masalah-masalah yang ada dalam menjalankan pemerintahan. Salah satu dari pemanfaatan teknologi sendiri adalah berfungsi untuk membantu pemerintah untuk mengambil keputusan terhadap beberapa masalah yang ada. Pengambilan keputusan ini tentunya membutuhkan suatu data dan fakta untuk mendapatkan suatu keputusan yang paling efektif.
Adanya perkembangan teknologi yang semakin masif mendasari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kegiatan integrasi data antar sektor pemerintahan. Selain itu, pemerintah juga membuat suatu dashboard yang berisi sekumpulan data dan fakta lapangan yang ada. Dalam sektor kesehatan sendiri data-data tersebut disimpan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Data-data kesehatan tersebut didapatkan dari data atom yang dihasilkan oleh Dinas Kesehatan di tiap Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Data-data yang dihasilkan tersebut tentunya mengacu pada RPJMD Provinsi Jawa Timur di sektor kesehatan. Dalam sektor kesehatan sendiri terdapat banyak indikator yang berfungsi sebagai alat ukur untuk mengevaluasi suatu kegiatan atau organisasi yang menunjukkan sejauh mana kegiatan atau organisasi tersebut berada dalam mencapai tujuan yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Untuk mewujudkan suatu pembangunan dashboard tersebut, tentunya dibutuhkan suatu integrasi data kesehatan yang dihasilkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur kedalam rancangan dashboard. Dalam proses integrasi ini, dibutuhkan suatu pengetahuan akan kepemilikan data, penyimpanan data, bentuk data, sumber data, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, perlu untuk melakukan analisis kesenjangan data untuk melihat dan mengetahui kesenjangan antara data yang ada di lapangan dengan data yang ada di RPJMD sebagai acuan. Dari hasil analisis kesenjangan tersebut dapat dihasilkan suatu solusi apabila terdapat kesenjangan antara data kesehatan yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan indikator data kesehatan yang ada di RPJMD Provinsi Jawa Timur.
Hasil dari tugas akhir ini adalah suatu analisis kesenjangan data sektor kesehatan dan solusi untuk mengatasi kesenjangan data tersebut sebagai persiapan integrasi data sektor kesehatan Provinsi Jawa Timur. Adanya solusi ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam kebutuhan integrasi data tiap sektor, khususnya pada sektor kesehatan.

==================================================================================================================

The rapid development of technology encourages an entirely electronic life. This can be seen also in government activities that increasingly utilize technology to solve problems that exist in running government. One of the uses of technology is to help the government make decisions on several existing problems. Making this decision, requires data and facts to obtain the most effective decision.
The existence of increasingly massive technological developments prompted the East Java Provincial Government to carry out data integration activities between government sectors. In addition, the government has also created a dashboard containing a collection of existing field data and facts. In the health sector, the data is stored by the East Java Provincial Health Office. These health data are obtained from atomic data produced by the Health Office in each Regency / City in East Java Province. The data generated refer to the East Java Provincial RPJMD in the health sector. In the health sector, there are many indicators that serve as a measuring tool for evaluating an activity or organization that shows the extent to which the activity or organization is in achieving the goals set by the East Java Provincial Government. To realize a dashboard development, an integration of health data produced by the East Java Provincial Health Office is needed into the dashboard design. In this integration process, it takes a knowledge of data ownership, data storage, data forms, data sources, and so on.
Therefore, it is necessary to conduct a data gap analysis to see and find out the gaps between the data in the field and the data in the RPJMD as a reference. From the results of this gap analysis, a solution can be generated if there is a gap between the health data in the East Java Provincial Health Office and the health data indicators in the East Java Provincial RPJMD.
The result of this final project is a data gaps analysis of health sector and solutions to overcome these data gaps in preparation for data integration in the health sector in East Java Province. The existence of this solution is expected to help the East Java Provincial Government in the needs of data integration for each sector, especially in the health sector.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sektor Kesehatan, Perencanaan Integrasi Data, Kesenjangan Data, Health Sector, Data Integration Planning, Data Gap.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Q Science > QA Mathematics > QA76.9D338 Data integration
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhamad Ainur Rizal
Date Deposited: 10 Mar 2021 00:53
Last Modified: 10 Mar 2021 00:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83976

Actions (login required)

View Item View Item