Perbaikan Kinerja Waktu Muat Peta Dunia untuk Simulasi Deteksi dan Intersepsi Misil Balistik

Raynaldo, Theodore Abraham (2021) Perbaikan Kinerja Waktu Muat Peta Dunia untuk Simulasi Deteksi dan Intersepsi Misil Balistik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07211640000021_Undergraduate Thesis.pdf] Text
07211640000021_Undergraduate Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi Virtual Reality membuka banyak peluang untuk menggunakan Virtual Reality sebagai media. Oleh karena ini, banyak perusahaan berusaha memanfaatkan teknologi tersebut. Perusahan Thales Nederlands menginginkan sebuah simulasi yang dapat menunjukan kemampuan radar yang mereka produksi dalam mendeteksi misil balistik. Media yang mereka pilih untuk mengsimulasikan hal ini adalah Virtual Reality. Simulasi tersebut harus memiliki Ballistic Missile Launch, Detection and Interception System. Simulasi ini harus dapat menunjukan kemampuan dari radar dan pengguna simulasi harus dapat mengira-ngira skala dari skenario misil balistik yang berjalan. Dalam pengembangannya riset mengenai behavior dari misil balistik dilakukan. Terdapat dua metode peluncuran misil balistik yaitu menggunakan metode fisika dan metode trajectory. Percobaan dan observasi dilakukan untuk menemukan metode yang tepat untuk simulasi ini. Desain UI dan HUD juga penting untuk memberi imersi kepada pengguna. Aplikasi yang dipergunakan sebagai basis dari simulasi ini memiliki masalah dimana waktu muat dari peta yang terdapat dalam dunia virtual terlalu lama, oleh karena itu maka waktu muat akan dioptimisasikan dalam proyek ini.

=========================================================

The developments of Virtual Reality have opened many opportunities to use it as a medium. Because of this, many companies try to use VR technology. Thales Nederlands wanted a simulation that shows the capability of their SMART-L Radar in detecting ballistic missiles. Thales chose Virtual Reality as the base of the simulation. The simulation must have a ballistic missile launch, detection, and interception system. This system must be able to show the capability of the radar and the user of the simulation must be able to feel and estimate the scale of the radar operation range. In order to develop a simulation, research regarding ballistic missile behavior and scenario is being done. There are two ways to simulate a ballistic missile flight, using a physics-based system and a trajectory-based system. The project used as the base of this development also has a problem with the load time of the map. Because of that, an optimization of the map system is being done in this development. The design of UI and HUD also important to keep the user's attention to the simulation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Misil Balistik, Simulasi, Radar, Virtual Reality, Simulation, Ballistic Missile
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Computer Engineering > 90243-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Theodore Abraham Raynaldo
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:11
Last Modified: 10 Mar 2021 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84039

Actions (login required)

View Item View Item