Simulasi Pengaruh Variasi Lubang Piringan Cakram Terhadap Distribusi Gaya Gesek Kampas Rem

Bukhaira, Muhammad Aulia (2021) Simulasi Pengaruh Variasi Lubang Piringan Cakram Terhadap Distribusi Gaya Gesek Kampas Rem. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111540000165-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111540000165-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Gesekan antara dua buah komponen atau lebih dapat mengakibatkan kerusakan atau hilangnya partikel dari salah satu atau kedua komponen. Keadaan ini disebut sebagai wear atau keausan. Salah satu fenomena gesekan pada kendaraan otomotif adalah gesekan yang terjadi pada rem cakram, dimana kampas rem bergesekan dengan piringan cakram. Pada piringan cakram, terdapat lubang lubang yang berfungsi sebagai heat dissipation pada cakram. Lubang lubang ini dapat mempengaruhi distribusi gaya gesek dari kampas rem. Pada tugas akhir ini, akan dilakukan analisa dengan menggunakan simulasi untuk mengetahui distribusi gaya gesek akibat pengaruh dari variasi model piringan cakram.
Metode penelitian yang akan dilakukan adalah studi simulasi. Simulasi yang akan dilakukan adalah Analisa terhadap distribusi gaya gesek yang terjadi pada permukaan kampas rem. Simulasi dari Analisa nanti akan diberikan variasi jumlah lubang pada piringan cakram (0 Lubang, 10 lubang, dan 20 lubang), dan tekanan yang diberikan pada kampas rem (2,5MPa, 2,75 MPa, dan 3 MPa). Hasil yang dapat diperoleh adalah pendistribusian gaya gesek yang terjadi pada permukaan gesek kampas rem dan gaya gesek yang dihasilkan pada saat melakukan pengereman pada piringan cakram.
Dari simulasi yang telah dilakukan, didapatkan hasil data gaya gesek yang terjadi pada kampas rem terhadap variasi jumlah lubang pada cakram maupun pada tekanan yang diberikan di permukaan kampas rem. Pada variasi jumlah lubang, gaya gesek maksimum yang tersebar terjadi pada variasi 20 lubang, dengan sebesar 2,144 N. Piringan cakram yang memiliki 20 lubang memiliki gaya gesek pada noda maksimum yaitu sebesar 1,1789 N. Gaya gesek maksimum noda yang terjadi pada piringan cakram dengan 10 lubang memiliki angka sebesar 1,1889N. Sementara gaya gesek maksimum noda pada cakram tanpa lubang memiliki angka sebesar 0,903 N. Dengan menggunakan desain yang sama, tekanan 2,5 MPa memiliki gaya gesek sebesar 0,903 N. Tekanan 2,75 MPa memiliki gaya gesek sebesar 3,043 N, dan tekanan 3 MPa memiliki gaya gesek total sebesar 7,00 N.

======================================================================================================

Friction between two or more components can result in damage or loss of particles from one or both components. This condition is known as wear or wear. One of the friction phenomena in automotive vehicles is the friction that occurs in disc brakes, where the brake pads rub against the disc. On the disc, there are holes that function as heat dissipation on the disc. These orifices can affect the distribution of the frictional force of the brake lining. In this final project, an analysis will be carried out using a simulation to determine the distribution of frictional forces due to the influence of variations in disc disc models.
The research method that will be carried out is a simulation study. The simulation that will be carried out is an analysis of the distribution of friction forces that occur on the surface of the brake lining. The simulation from the analysis will be given a variation of the number of holes on the disc (0 holes, 10 holes, and 20 holes), and the pressure applied to the brake pads (2.5 MPa, 2.75 MPa, and 3 MPa). The results that can be obtained are the distribution of friction forces that occur on the friction surface of the brake pads and the friction forces generated when braking on the disc.
From the simulations that have been carried out, the results of the frictional force data that occur in the brake pads are obtained from the variation in the number of holes on the disc and the pressure exerted on the surface of the brake pads. In the variation of the number of holes, the maximum spread friction occurs in the variation of 20 holes, amounting to 2.144 N. The disc with 20 holes has a maximum friction force on the stain of 1.1789 N. 10 holes have a figure of 1.1889N. While the maximum friction force of the spot on the disc without holes is 0.903 N. Using the same design, the pressure of 2.5 MPa has a friction force of 0.903 N.The pressure of 2.75 MPa has a friction force of 3.043 N, and the pressure of 3 MPa has a friction force of 7.00 N.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Gesek, Kampas Rem, Distribusi Gaya Gesek, Cakram, Friction Force, Brake Shoes, Distribution of Friction Force, Disc Brake
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL269.C474 Brakes--Maintenance and repair
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL440 Motorcycles.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Aulia Bukhaira
Date Deposited: 12 Mar 2021 04:05
Last Modified: 12 Mar 2021 04:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84153

Actions (login required)

View Item View Item