MODEL ARIMA-FILTER KALMAN UNTUK PREDIKSI VOLUME DAN NILAI EKSPOR MINYAK SAWIT DI INDONESIA

Adzim, Atik Ashdiqa (2021) MODEL ARIMA-FILTER KALMAN UNTUK PREDIKSI VOLUME DAN NILAI EKSPOR MINYAK SAWIT DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Institut Tekologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111640000035-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
06111640000035-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peramalan terhadap volume dan nilai ekspor minyak sawit merupakan salah satu studi yang dilakukan untuk mengantisipasi produksi kelapa sawit pada periode mendatang guna menjaga kestabilan ekonomi. Pada penelitian ini, digunakan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) untuk merumuskan model peramalan volume dan nilai ekspor minyak sawit di Indonesia. Setelah mendapatkan model yang sesuai dilakukan estimasi terhadap parameter dan perbaikan error pada model ARIMA dengan Filter Kalman. Pada ARIMA didapatkan model yang sesuai yaitu ARIMA [0,1,1] untuk volume ekspor minyak sawit dengan nilai MAPE sebesar 7,1194 dan ARIMA [2,1,0] untuk nilai ekspor minyak sawit dengan nilai MAPE sebesar 15,7489. Model prediksi yang didapatkan menghasilkan nilai MAPE sebesar 2,0767 pada volume ekspor minyak sawit dan 5,05172 pada nilai ekspor minyak sawit. Untuk hasil perbaikan error pada model ARIMA didapatkan nilai MAPE yang lebih kecil pada polinomial derajat dua, sehingga dapat diketahui bahwa semakin tinggi polinomial derajatnya maka error yang dihasilkan juga akan semakin kecil. Hasil akhir menunjukkan bahwa model prediksi pada volume dan nilai ekspor minyak sawit adalah dari hasil perbaikan error menggunakan Filter Kalman yang memiliki nilai MAPE terkecil sehingga hasil ramalan lebih akurat dan mendekati aslinya (data out sample).
Kata kunci: ARIMA, Estimasi Parameter, Filter Kalman, Perbaikan Error

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ARIMA, Estimasi Parameter, Filter Kalman, Perbaikan Error ARIMA, Error Corection, Parameter Estimation, Kalman Filter
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA280 Box-Jenkins forecasting
Q Science > QA Mathematics > QA402.3 Kalman filtering.
Depositing User: Atik Ashdiqa Adzim
Date Deposited: 12 Mar 2021 05:21
Last Modified: 12 Mar 2021 05:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84155

Actions (login required)

View Item View Item