Desain Sleeper Seat Untuk Kereta Kelas Sleeper Luxury Dengan Menerapkan Konsep Chrysalis (Private, Comfort) Untuk Menunjang Kenyamanan Dalam Perjalanan Jarak Jauh

Ulfia, Fitra Nisa (2020) Desain Sleeper Seat Untuk Kereta Kelas Sleeper Luxury Dengan Menerapkan Konsep Chrysalis (Private, Comfort) Untuk Menunjang Kenyamanan Dalam Perjalanan Jarak Jauh. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08311340000178-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kereta api menjadi salah satu transportasi massal yang saat ini sedang berkembang dan diminati masyarakat dimana manusia menuntut kesegeraan, real- time dengan mobilitas tinggi. Peningkatan standarisasi kelas kereta api pun dilakukan untuk meningkatkan pelayanan, dalam keamanan serta kenyamanan penumpang kereta api selama perjalanan terlebih untuk penumpang dengan tujuan jarak jauh. Fasilitas untuk beristirahat menjadi kebutuhan terpenting untuk kenyamanan terlebih ketika tidur, dimana kelas terbaik pada kereta api Indonesia saat ini masih berupa kereta duduk. Di Indonesia sendiri PT.KAI pernah memiliki gerbong tidur Bima Malam (Surabaya-Jakarta) pada tahun 1967, dan diubah menjadi gerbong duduk pada tahun 1995 dengan alasan adanya masalah sosial. Gerbong tidur Bima Malam sendiri berupa bilik-bilik kamar tertutup yang menjadi alasan timbulnya permasalahan sosial tersebut. Untuk itu perlu adanya desain yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut serta meningkatkan fasilitas untuk beristirahat tanpa mengurangi privasi penumpang selama perjalanan. Proses desain produk dilakukan dalam beberapa rangkaian riset diantaranya : Track, Lopas, Visual, yang diwujudkan dalam konsep desain. Brand value yang ingin dicapai : Comfort, Privatly, Speed. Diharapkan konsep tersebut dapat menjadi referensi desain pihak terkait (PT.INKA, PT.KAI, dan instasi lain) yang dapat diterapkan, serta diterima oleh publik sebagai fasilitas alternative pada untuk perjalanan jarak jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kereta api, desain produk, sleeper seat, train, product design, sleeper seat
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS170 New products. Product Development
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fitra Nisa Ulfia
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:57
Last Modified: 23 Apr 2021 03:16
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/84216

Actions (login required)

View Item View Item