ANALISIS DAN EVALUASI MUTU SEKOLAH DENGAN BALDRIGE EXCELLENCE FRAMEWORK (STUDI KASUS: SMK DR. WAHIDIN, KAB. NGANJUK)

Samil, Maulana Paldia (2021) ANALISIS DAN EVALUASI MUTU SEKOLAH DENGAN BALDRIGE EXCELLENCE FRAMEWORK (STUDI KASUS: SMK DR. WAHIDIN, KAB. NGANJUK). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111740000023-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111740000023-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan bentuk awal dari pembangunan manusia yang baik. Menciptakan penyediaan layanan pendidikan membutuhkan berbagai peningkatan mutu. Dalam meningkatkan mutu sekolah terhadap konsumen mereka yaitu peserta didik, terdapat berbagai indikator yang mempengaruhi mutu sekolah itu sendiri. SMK Dr. Wahidin merupakan sekolah swasta di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk yang memiliki Akreditasi B dengan tiga kejuruan. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Malcolm Baldrige for Performance Excellence (MBfPE) yang menjadi bagian dari salah satu penilaian Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) dan studi dokumen yang memuat penilaian SMK antara lain akreditasi, PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) dan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) yang sudah dilakukan oleh sekolah selama ini sebagai data awal yang dihubungkan dengan penilaian MBfPE. MBfPE dilakukan karena kerangka penilaian ini teruji memiliki indikator penilaian yang spesifik untuk kriteria mutu sekolah yang terukur, fleksibel dan komperhensif. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis studi dokumen, serta wawancara kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, dan operator sekolah sekaligus perwakilan guru mata pelajaran mengguanakan kuisoner dari MBfPE. Hasil studi dokumen menunjukan atribut dan komponen yang mempengaruhi penilaian kinerja SMK saat ini adalah Kepemimpinan kepala sekolah, Mutu lulusan. Tenaga Kerja, Proses pembelajaran, dan Manajemen sekolah. Dengan penilaian MBfPE menunjukan kriteria SMK yang memerlukan perbaikan adalah Pengukuran, Analisis dan Manajemen Pengetahuan. Penilaian MBfPE untuk SMK Dr. Wahidin memberikan total skor sebesar 644 dari 1000. Dari nilai akhir ini menempatkan SMK Dr. Wahidin dalam standar tingkatan performa sekolah pada Emerging Industry Leader. Pada masing-masing kriteria Malcolm Baldrige menghasilkan implikasi manajerial dan rencana aksi untuk SMK Dr. Wahidin yang diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan mutu sekolah.
========================================================================================================
Education is an early form of good human development. Creating educational service provision requires a variety of quality improvements. In improving the quality of schools for their consumers, namely students, various indicators affect the quality of the school itself. SMK Dr. Wahidin is a private school in Kecamatan Sawahan, Nganjuk City that has accreditation B with three vocational programs. The method that used in this research is Malcolm Baldrige for Performance Excellence (MBfPE) which is one of the Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) assessments and document studies of SMK assessments which including accreditation, PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) and PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) that has been carried out by schools so far as the initial data carried out with the MBfPE assessment. MBfPE carried out this assessment framework has specific assessment indicators for school quality criteria that are measureable, flexible, and comprehensive. Data were collected by analyzing document studies, as well as interviews with the Principal, Deputy Principal for Curriculum, and operators as well as representatives of subject teachers using a questionnaire from MBfPE. The results of the document study show that the attributes and components that affect the assessment of the current Vocational High School are Principal Leadership, Quality of Graduates, Workforce, Learning Process, and School Management. The MBfPE assessment shows that the SMK criteria that need improvement are Measurement, Analysis, and Knowledge Management. MBfPE Assessment for SMK Dr. Wahidin gave a total score of 644 out of 1000. From this final score, SMK Dr. Wahidin in the standard of school performance level on Emerging Industry Leader. In each of the criteria of Malcolm Baldrige produces a managerial production and action plan for SMK Dr. Wahidin which is expected to be used to improve the quality of schools.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Assessment, Document Studies, Malcolm Baldrige for Performance Excellence (MBfPE), School Quality, Vocational School Malcolm Baldrige for Performance Excellence (MBfPE), Mutu Sekolah, Penilaian, SMK, Studi Dokumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.2 Knowledge management.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maulana Paldia Samil
Date Deposited: 31 Jul 2021 17:23
Last Modified: 31 Jul 2021 17:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84618

Actions (login required)

View Item View Item