Perancangan Geometri dan Perkerasan Kaku Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 5

Gelora, Anna Aulya Pantja (2021) Perancangan Geometri dan Perkerasan Kaku Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 5. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03111740000114-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Jalan tol merupakan bagian sistem jaringan jalan dimana penggunanya diwajibkan membayar tol dan salah satu prasarana transportasi yang sangat penting sebagai penghubung antarwilayah sehingga dapat meningkatkan laju perekonomian dan pemerataan dengan cepat di Indonesia. Pemerintah merencanakan pembangunan jalan tol sepanjang 18.850 km di Indonesia. Di Jawa Barat, salah satu jalan tol yang termasuk ke dalam perencanaan pembangunan jalan tol oleh pemerintah adalah Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi. .Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi 5 merupakan proyek strategis nasional yang dibangun oleh pemerintah untuk mencapai konektivitas 1,5 jam per 100 km dan sebagai penghubung menuju Bandara Kertajati untuk meningkatkan perekonomian di daerah sekitar. Pembangunan jalan tol dilakukan dengan perencanaan geometri, yaitu berupa bentuk fisik jalan yang baik dan sesuai dengan kondisi topografi. Tugas akhir ini merencanakan geometri, tebal perkerasan kaku jalan tol Cileunyi—Sumedang—Dawuan Seksi 5 berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga serta merencanakan drainase berdasarkan peraturan perencanan sistem drainase jalan oleh Departemen Pekerjaan Umum. Pengerjaan tugas akhir dimulai ii dari studi literatur, pemgumpulan data, perencanaan geometri jalan tol berupa alinyemen horizontal yang dilakukan untuk mendapatkan perancangan trase baru dengan memerhatikan kondisi topografi yaitu daerah perbukitan dan alinyemen vertikal yang dilakukan untuk mengetahui pekerjaan tanah (galian dan timbunan), perencanaan tebal perkerasan kaku sesuai dengan beban lalu lintas yang terjadi, perencanaan dimensi saluran tepi (saluran drainase) sesuai dengan curah hujan yang terjadi, dan rencana anggaran biaya dari seluruh perencanaan dengan batasan tertentu yang dilakukan pada tugas akhir ini berdasarkan Harga Satuan Pokok Kegiatan Kota Madiun yang dikonversi dengan Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) ke Kabupaten Sumedang.. Hasil perancangan tugas akhir ini adalah Jalan Tol Cileunyi�Sumedang-Dawuan Seksi 5 dengan panjang 13,289 km, 10 PI dengan jenis tikungan Spiral-Circle-Spiral (SCS), 10 PVI (4 lengkung cembung dan 6 engkung cekung), tipikal dimensi drainase B = 0,45 m dan H = 1 m, volume galian 5.192.500,5 m3 , volume timbunan 4.309.199,7 m 3 , tebal pelat beton 305 mm, tebal lapis Lean Mean Concrete (LMC) 100 mm, tebal lapis drainase 150 mm, Stabilisasi semen 300 mm, sambungan batang pengikat berdiameter 16 mm, sambungan susut melintang dengan diameter ruji 38 mm, dan total Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebesar Rp. 936.254.823.670,42. ==================================================================================================== Toll roads are part of road network system that have a fee for driving through, important infrastructure which is connecting cities to accelerate economic growth in Indonesia. Government plans 18.850 kilometers toll roads construction project in Indonesia. Cileunyi-Sumedang-Dawuan Toll Road Section 5 is one of the government’s major toll roads project in East Java. Cileunyi-Sumedang-Dawuan Toll Road Section 5 is a main infrastructure projects in Indonesia that is planned to achive 100 kilometers in 1,5 hours intercity connectivity and also connecting an urban to Kertajati International Airport for growing society economic around. Toll roads project designed by adjusting topograpgy around. This final project contains the study and the design of geometric, rigid pavement, and road drainage at Cileunyi�Sumedang-dawuan Toll Road Section 5. The geometric and pavement design refers to geometric and pavement regulation by Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga and the road drainage design refers to Perencanan Sistem Drainase Jalan by Departemen Pekerjaan Umum. The phase of final project are studying regulations and references , collecting data, geometric design that have to adjust topoghrapy as a hills, create the new track of the toll road, calculate cut and fill by iv designing vertical alignment, pavement design that is able to withstand the vehicle’s weight, road drainage dimension design, and total cost calculation with limitation which is refer to Harga Satuan Pokok Kota Madiun 2021 coverted to Kabupaten Sumedang by Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK). The results of final project are Jalan Tol Cileunyi-Sumedang�Dawuan Seksi 5 with 13,289 kilometers , 10 PI of Spiral-Circle�Spiral (SCS) curves, 10 PVI (4 convex curves and 6 concave curves), the dimension of road drainage is B = 0,45 m and H = 1 m, cut volumes 5.192.500,5 m3 , fill volumes 4.309.199,7 m 3 , concrete plate thickness 305 mm, Lean Mean Concrete (LMC) thickness 100 mm, drainage layer thickness 150 mm, concrete stabilitation 300 mm, 16 mm diameters of tie bars, 38 mm diameters of dowel bars and total cost project with limitation is Rp. 936.254.823.670,42.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Geometri, Cileunyi—Sumedang— Dawuan Seksi 5,Toll Road, Geometric
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anna Aulya Pantja Gelora
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:23
Last Modified: 03 Aug 2021 04:23
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/84723

Actions (login required)

View Item View Item