Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Dompet Digital Menggunakan Metode Social Network Analysis (Studi Kasus: GoPay Dan OVO)

Ridzky, Desanty (2021) Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Dompet Digital Menggunakan Metode Social Network Analysis (Studi Kasus: GoPay Dan OVO). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09211950054006-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
09211950054006-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi financial technology saat ini semakin berkembang dibuktikan dengan adanya transaksi pembayaran yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan dompet digital sehingga masyarakat tidak perlu menggunakan uang kontan dalam melakukan pembayaran. Masalah muncul pada bagaimana persepsi masyarakat terhadap layanan perusahaan penyedia jasa dompet digital GoPay dan OVO sebagai dompet digital terfavorit dua teratas pada kuartal II tahun 2019. Perusahaan dapat menggunakan media sosial untuk melihat bagaimana perusahaan bekerja berdasarkan persepsi publik karena media sosial twitter digunakan oleh publik dalam menyampaikan pesan, komentar dan keluhan tentang layanan yang diberikan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan publik terhadap kedua perusahaan dengan menggabungkan analisis sentimen menggunakan Naïve Bayes dalam mengidentifikasi persepsi positif dan negatif serta social network analysis mengetahui interaksi antar masyarakat. Sentimen analisis menggunakan fitur seleksi TF-IDF dan klasifikasi Naïve Bayes menghasilkan akurasi GoPay sebesar 80.42% dan OVO sebesar 82.44%. Sentimen positif terhadap penggunaan GoPay dan OVO memiliki nilai yang lebih tinggi. Jaringan pada SNA menunjukkan bahwa node yang tidak terhubung dengan node gojekindonesia dan ovo_id dominan memiliki persepsi positif yang lebih banyak yaitu persepsi berkaitan dengan promo, cashback dan diskon terhadap penggunaan GoPay dan OVO. ==================================================================================================== The development of financial technology is currently growing by payment transactions can be done easily using digital wallets, so customers do not need to use cash to make some payments. The problem arises in how the public's perception of the services of mobile payment service providers GoPay and OVO as the top digital wallet in the second quarter of 2019. Companies can use social media to see how the company works by public perception because social media twitter used by the public in conveying messages, comments and complaints about the services provided by the company. This study aims to analyze the public views of the two companies by combining sentiment analysis using Naïve Bayes to identify positive and negative perception and social network analysis to know the interaction between society. Sentiment analysis using TF-IDF feature selection and Naïve Bayes classification generate GoPay accuracy is 80.42% and OVO is 82.44%. Positive sentiment towards the use of GoPay and OVO has a higher value. The network on SNA shows that nodes that are not connected to the gojekindonesia and ovo_id node have more positive perceptions, namely perceptions related to promos, cashbacks and discounts on the use of GoPay and OVO.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: financial technology, persepsi, GoPay, OVO, Naïve Bayes, social network analysis
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM742 Online social networks.
Q Science > Q Science (General) > Q325.5 Machine learning.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Desanty Ridzky
Date Deposited: 05 Aug 2021 09:47
Last Modified: 05 Aug 2021 09:47
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/84921

Actions (login required)

View Item View Item