Evaluasi Teknis Instalasi Pengolahan Air Unit Membran Ultrafiltrasi pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Siwalanpanji PDAM Sidoarjo

Rachmawati, Fitriana (2021) Evaluasi Teknis Instalasi Pengolahan Air Unit Membran Ultrafiltrasi pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Siwalanpanji PDAM Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211740000064-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03211740000064-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 03211740000064-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03211740000064-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu Instalasi Pengolahan Air (IPA) pada PDAM Sidoarjo adalah IPA Siwalanpanji yang terletak di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. IPA Siwalanpanji memiliki 6 instalasi pengolahan air, dimana salah satunya merupakan instalasi dengan unit ultrafiltrasi. Insatalasi membran di PDAM Sidoarjo sendiri baru dibangun di IPA Siwalanpanji. Adapun pada proses dan pengoperasian unit ultrafiltasi di IPA Siwalanpanji pengolahan yang digunakan sebelum masuk ke unit ultrafiltrasi terdiri dari unit intake, sumur pengumpul, bak prasedimentasi, dan bak pengumpul II. IPA Siwalanpanji menggunakan air baku dari afvoer Wilayut. Pada umumnya jenis air baku dengan kadar kekeruhan dan pencemar yang tinggi membutuhkan pre-treatment pada unit ultrafiltrasinya untuk mencegah fouling pada membran. Tidak adanya pretreatment yang memadai dapat menyebabkan fouling terjadi lebih cepat dan sering yang akan membuat unit membran cepat rusak. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu identifikasi kualitas air baku dan air produksi yang dibandingkan dengan baku mutu yang ada, beserta evaluasi kinerja operasi dari instalasi yang berkaitan dengan unit ultrafiltrasi pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Siwalanpanji PDAM Sidoarjo yang dibandingkan dengan kriteria desain. Sehingga dapat diketahui kondisi-kondisi yang ada pada bangunan pengolahan air tersebut.
Penelitian dilakukan dengan pengambilan data dan pengujian di laboratorium. Data sekunder yang dibutuhkan adalah sistem pengolahan air di lokasi, dimensi unit IPA, Kualitas air baku dan produksi dan spesifikasi unit ultrafiltrasi. Sedangkan, data primer didapat dari pengambilan sampel di 5 titik pada lokasi
penelitian yaitu IPA Siwalanpanji. Sampel yang diambil dianalisis untuk 6 jenis parameter yakni pH, kekeruhan, warna, sisa klor, zat organik, dan e.coli. Kemudian dilakukan analisis dan pembahasan yang nantinya akan mengerucut, sehingga menghasilkan evaluasi dari kualitas air serta evaluasi kinerja operasi dari unit membran ultrafiltrasi.
Hasil analisa parameter evaluasi kinerja nilai kualitas air baku di IPA Siwalanpanji parameter yang memenuhi standard baku mutu yang ditentukan adalah temperatur, pH, TSS, NO3N, dan PO3P, kemudian untuk parameter yang lain tidak memenuhi standar baku mutu PP No. 22 Tahun 2021 untuk air yang digunakan sebagai air baku untuk air minum dan air produksi di IPA Siwalanpanji kualitas air produksi memenuhi standar baku mutu Permenkes RI No.492/MENKES/PER/IV/2010, kecuali untuk nilai zat organik dengan hasil analisis 13,69 mg/L sedangkan baku mutu 10 mg/L. Hasil evaluasi kinerja operasi pada tiap unit pengolahan yang berkaitan dengan unit membran pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Siwalanpanji PDAM Sidoarjo sudah memenuhi kriteria desain. Namun, penggunaan unit ultrafiltrasi menghasilkan kualitas air olahan yang tidak lebih baik dibandingkan dengan unit pengolahan konvensional. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya pretreatmen pada unit ultrafiltrasi, sehingga pada evaluasi ini didapatkan rekomendasi perlu adanya pretreatment yang lebih baik untuk air baku yang akan diolah menggunakan UF, pretreatment yang dapat digunakan adalah dengan pengadaan bangunan untuk koagulasi-flokulasi dan sedimentasi.
===================================================================================================
Siwalanpanji’s Water Treatment Installation, located in Buduran. There are 6 water treatment installation in Siwalanpanji, which is one of the installation using Ultrafiltration unit. Membran installation in PDAM Sidoarjo newly built in Siwalanpanji. In Siwalanpanji there are process for feedwater before it is processed use ultrafiltration unit, the process are intake, wells, prasedimentation, and collect basin. Source water for Siwalanpanji’s Water Treatment Installation is from Wilayut’s afvoer. In general for source water that contain high turbidity and pollutant is require some pretreatment before ultrafiltration, it’s use to make membrane process more effective and prevent membran plugging, fouling and scaling. Based on that problem, then it is necessary to evaluate the source water and production water quality also operation performance evaluation of Siwalanpanji’s water treatment installation that related with ultrafiltration, so it can provide an overview of water treatment installation’s condition.
The study was conducted by taking data and testing in the laboratory. Secondary data needed are the water treatment system, dimension of water treatment unit, quality of water source and water product, and ultrafiltration unit. Meanwhile, primary data were obtained from sampling at 5 points at the study site, Siwalanpanji WTP. Samples taken were analyzed for 6 types of parameters, which are pH, color, turbidity, residual chlorine, organic matter, and e.coli. Then did the analysis so it can result evaluation of water quality any and operation performance of membrane ultrafiltration unit.
Based on analysis the quality of source water is not fulfill Indonesian Government Regulatory No. 22 of 2021 for standart regulatory of source water to become drink water, except for pH, temperature, TSS, NO3N, and PO3P parameter. While for production water quality in Siwalanpanji’s water treatment installation it is fulfill PERMENKES RI No.492/MENKES/PER/IV/2010 for standart regulatory of drink water, except for organic matter parameter which is in this analysis it around 13,69 mg/L meanwhile in standart it must not more than 10 mg/L. Whereas for operation performance evaluation for water treatment installation that related with ultrafiltration is fulfill the design criteria. But for ultrafiltration operation the outlet is not better than the conventional treatment. Based on that evaluation obtained a recommendation that there is need good pretreatment for source water which is using ultrafiltration for water treatment, the pretreatment that can use is coagulation-floculation and sedimentation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, IPA, kinerja instalasi, ultrafiltrasi, Evaluation, Water Treatment Installation, Operation Performance, Ultrafiltration
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD259.2 Drinking water. Water quality
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fitriana Rachmawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:48
Last Modified: 09 Aug 2021 06:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85180

Actions (login required)

View Item View Item