Pemodelan Status Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kecamatan Lamongan

Farisa, Fittrofin Amalia (2021) Pemodelan Status Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kecamatan Lamongan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Fittrofin Amalia Farisa_10611710000033.pdf] Text
Fittrofin Amalia Farisa_10611710000033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. PHBS rumah tangga di Lamongan pada tahun 2017 masih belum mencapai target dari Pemerintah. Rumah tangga ber-PHBS baik di Lamongan sebesar 73,7%. Target dari pemerintah untuk mencapai rumah tangga yang ber-PHBS baik adalah sebesar 80%. Pada penelitian ini akan dilakukan penelitian mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi status Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kecamatan Lamongan. Hasil analisis regresi logistik, didapatkan bahwa rata-rata usia kepala rumah tangga sebesar 48 tahun dan rata-rata usia istri sebesar 45 tahun. Variabel prediktor yang mempengaruhi status PHBS rumah tangga antara lain adalah pekerjaan kepala rumah tangga, istri bekerja, pendapatan, jenis dinding, jenis lantai serta pengetahuan mengenai PHBS. Sebanyak 194 data rumah tangga di Kecamatan Lamongan didapatkan bahwa persentase status PHBS rumah tangga tepat diklasifikasikan oleh model sebesar 95,9%. Didapatkan kesimpulan bahwa status PHBS rumah tangga di Kecamatan Lamongan sudah baik dalam 4 tahun terakhir ini.
=====================================================================================================

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan, Lamongan, PHBS, Regresi Logistik Biner dan Rumah Tangga ; Binary Logistics Regression, Health, Household Lamongan, and PHBS
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: FITTROFIN AMALIA FARISA
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:41
Last Modified: 09 Aug 2021 04:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85236

Actions (login required)

View Item View Item