Analisa Performa Engine KRI Hiu – 634 Dengan Tipe Engine Mtu 16v 956 Tb92 Menggunakan Metode Variabel Load Di PT PAL Indonesia (PERSERO)

Geovano, Doni Kristiawan (2020) Analisa Performa Engine KRI Hiu – 634 Dengan Tipe Engine Mtu 16v 956 Tb92 Menggunakan Metode Variabel Load Di PT PAL Indonesia (PERSERO). Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 10211710010048-Project_Report.pdf]
Preview
Text
10211710010048-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT PAL Indonesia (Persero) sebagai salah satu industri strategis yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia khususnya untuk matra laut, keberadaannya tentu memiliki peran penting dan strategis dalam mendukung pengembangan industri kelautan nasional. Pendirian PT PAL Indonesia (Persero) bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINE ESTABLISHMENT (ME) dan diresmikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Kemudian pada tanggal 15 April 1980, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1980, status perusahaan PT PAL Indonesia (Persero) berubah dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas. Peran PT PAL Indonesia (Persero) semakin kuat setelah dikeluarkannya UU No. 16 Tahun 2012 tentang industri pertahanan di mana BUMN strategis diberi ruang yang lebih luas. Berdasarkan UU tersebut PT PAL Indonesia (Persero) secara profesional mengemban amanah sekaligus kewajiban untuk berperan aktif dalam mendukung pemenuhan kebutuhan alutista matra laut dan berperan sebagai pemandu utama (lead integrator) matra laut sesuai tujuan awal pendiriannya sebagai pusat keunggulan industria maritim nasional, PT PAL Indonesia (Persero) telah membuktikan reputasinya sebagai kekuatan utama di dalam pengembangan industria maritim nasional. Di dalam upaya memperkuat pondasi bagi pengembangan industri maritim, PT PAL Indonesia (Persero) senantiasa bekerja keras untuk menyampaikan dan menyebarluaskan pengetahuan, teknologi, serta keterampilan kepada masyarakat luas terkait industri maritim nasional tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: engine, waterbrake, diesel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures > TS174 Maintainability (Engineering) . Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Doni Kristiawan Geovano
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:54
Last Modified: 04 Apr 2023 14:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85367

Actions (login required)

View Item View Item