Analisa Optimasi Topologi Wheelhub Depan Pada Mobil Formula Student Nogogeni ITS Team Menggunakan Software Berbasis Metode Elemen Hingga

Affandi, Rahmad Rahardian Dias (2021) Analisa Optimasi Topologi Wheelhub Depan Pada Mobil Formula Student Nogogeni ITS Team Menggunakan Software Berbasis Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211710010059-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211710010059-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Wheelhub berfungsi sebagai komponen mobil yang menerima gaya dari roda menuju sistem suspensi dan sebaliknya. Dari evaluasi FSAE Australia, wheelhub masih terlalu berat sehingga dapat dirumuskan masalah sebagai berikut, yang pertama Hasil analisis simulasi tegangan dan deformasi pada wheelhub mobil Formula Nogogeni ITS Team sebelum dan sesudah dilakukan optimasi topologi. Yang kedua rekomendasi desain yang sudah dilakukan optimasi topologi. Dari rumusan tersebut, maka penelitian tugas akhir ini bertujuan sebagai berikut ini. Yang pertama mengetahui hasil analisis simulasi tegangan dan deformasi pada wheelhub mobil Formula Nogogeni ITS Team sebelum dan sesudah dilakukan optimasi topologi. Yang kedua mengetahui hasil desain terbaik dari hasil optimasi untuk digunakan pada mobil Formula Nogogeni ITS Team.
Pada tugas akhir ini menggunakan metode optimasi topologi memakai software finite element untuk mengetahui hasil simulasi static structural dari pembebanan pada saat akselerasi, deselerasi dan berbelok (lateral). Pada simulasi static structural menggunakan solution dari total deformation, von mises stress dan safety factor. Langkah pertama optimasi topologi yaitu import model ke FEA kemudian definisikan material Al 7075 T6 dan Al 6061, dilanjutkan proses meshing dan konvergen meshing. Setelah mesh konvergen di lakukan proses set up dengan pembebanan akselerasi, deselerasi dan lateral (berbelok) kemudian dilanjutkan proses solution dari total deformation, von mises stress dan safety factor sebagai acuan optimasi. Setelah itu dilakukan proses optimasi dari desain awal untuk menentukan rekomendasi desain dengan redesign wheelhub menggunakan acuan perbandingan mass retain ± 10%.
Pembebanan yang terbesar terjadi pada saat lateral (berbelok), sehingga perbandingan menggunakan acuan pembebanan lateral untuk mengetahui perbandingan hasil simulasi dari desain wheelhub dan material yang berbeda. Dari penelitian ini mendapatkan rekomendasi desain terpilih yaitu wheelhub mass retain 60% dengan material Al 7075 T6 dengan hasil total deformation sebesar 0.13061 mm, von mises stress sebesar 102.7 MPa, safety factor sebesar 4.8978 dan beratnya 415.62 gram.
=====================================================================================================
Wheelhub serves as a car component that receives force from the wheel to the suspension system and vice versa. From the evaluation of FSAE Australia can be formulated the following problems, the first results of the analysis of stress simulation and deformation on the wheelhub car Formula Nogogeni ITS Team before and after topological optimization. The second design recommendations are already done optimization. From the formulation, the final task research is aimed as follows. The first to know the results of the analysus of stress simulation and deformation on the wheelhub of formula car Nogogeni ITS Team before and after topological optimization. The second knows the best design results from optimization results for use in Formula Nogogeni ITS Team cars.
In this final task using topology optimization method using finite element software to find out the results of static structural simulation of loading at the time of acceleration, deceleration and lateral. In static structural simulation using solution of total deformation, von mises stress and safety factor. The first step of topology optimization is to import the model into FEA then define the materials Al 7075 T6 and Al 6061, followed by the process of meshing and convergent meshing. After the convergent mesh is done the set up process with the loading acceleration, deceleration and lateral (turn) then continued the solution process of total deformation, von mises stress and safety factor as a reference optimization. After that, the optimization process of the initial design is carried out to determine the design recommendations with wheelhub redesign using a reference comparison mass retain ± 10%.
The largest loading occurs at lateral times, so the comparison uses lateral loading references to find out the comparison of simulation results from different wheelhub designs and materials. From this study received selected design recommendations namely wheelhub mass retain 60% with material Al 7075 T6 with a total deformation result of 0.13061 mm, von mises stress of 102.7 MPa, safety factor of 4.8978 and weight of 415.62 grams.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: wheelhub, optimasi, topology, static structural, wheelhub, optimization, topology, static structural.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Rahmad Rahardian Dias Affandi
Date Deposited: 11 Aug 2021 07:58
Last Modified: 11 Aug 2021 07:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85507

Actions (login required)

View Item View Item