STUDI EKSPERIMEN KINERJA DESAIN HELICAL RODS BERGAP UNTUK MENGURANGI VORTEX INDUCED VIBRATION (VIV) PADA SILINDER

AL MUSTHOFA, AKHMAD ZEN (2014) STUDI EKSPERIMEN KINERJA DESAIN HELICAL RODS BERGAP UNTUK MENGURANGI VORTEX INDUCED VIBRATION (VIV) PADA SILINDER. In: JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 2, No. 1, (2013) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print), DEPARTMENT OF OCEAN ENGINEERING Faculty of Marine Technology.

[thumbnail of 4310100083-paper.pdf] Text
4310100083-paper.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of 4310100083-presentation.pdf] Text
4310100083-presentation.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Interaksi antara fluida dengan struktur laut dalam sangat riskan dalam dunia engineering, tentunya diperlukan desain yang sesuai dan perhitungan yang akurat. Salah satu hal penting tersebut adalah fenomena Vortex Induced Vibration (VIV) yang dewasa kini diakui mampu menyebabkan kegagalan pada struktur laut dalam, terutama struktur ramping yang rentan terhadap getaran. Dalam pengerjaan tugas akhir ini dilakukan sebuah eksperimen dimana didesain sebuah piranti pereduksi VIV yang memiliki pola rods (Helical rods) dengan gap tertentu pada silinder yang aplikasinya bisa diterapkan pada riser atau sistem perpipaan. Dalam eksperimen ini dibuat dua model uji yaitu bare cylinder dan cylinder with helical rods yang diuji di wind tunnel dengan kecepatan angin 1m/s sampai 18 m/s untuk membandingkan karakteristik frekuensi vortex shedding dan visualisasi aliran fluida pada kedua model. Pada pengujian tersebut didapatkan frekuensi vortex shedding untuk model bare cylinder terjadi pada kecepatan 13 m/s (Re = 21940,199) dengan nilai frekuensi sebesar 16 Hz sedangkan untuk model cylinder with helical rods terjadi pada kecepatan 12 m/s (Re = 20252,491) dengan nilai frekuensi sebesar 15 Hz. Sedangkan hasil visualisasi aliran fluida untuk model bare cylinder mempunyai karakteristik ulakan vortex yang lebih kecil radiusnya sedangkan untuk model cylinder with helical rods memiliki radius ulakan yang lebih besar atau kabur. Dimana fenomena tersebut terlihat jelas pada pengujian dengan kecepatan 1 m/s sampai 2 m/s. Dengan demikian hasil tersebut sesuai dengan hipotesa awal bahwasanya penambahan piranti helical rods mampu mereduksi fenomena Vortex Induced Vibration (VIV) pada silinder.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: RSKe 627.98 Alm s
Uncontrolled Keywords: Vortex induced vibration, helical rods, bare cylinder, cylinder with helical rods, wind tunnel, vortex shedding
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2016 03:27
Last Modified: 28 Nov 2016 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item