Perancangan Permainan Virtual Reality “Patron” (Physical Activity And Rehabilitation) Sebagai Media Latihan Terapi Fisik Dan Rehabilitasi Pada Penyandang Disabilitas Cerebral Palsy

Supriatna, Aldi Yustisia (2021) Perancangan Permainan Virtual Reality “Patron” (Physical Activity And Rehabilitation) Sebagai Media Latihan Terapi Fisik Dan Rehabilitasi Pada Penyandang Disabilitas Cerebral Palsy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411740000128-Undegraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penderita Cerebral Palsy memerlukan rehabilitasi jangka panjang untuk latihan dan melatih fungsi-fungsi tubuh yang hilang seperti berpartisipasi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Salah satu pengembangan pada media rehabilitasi adalah dengan menggunakan teknologi virtual reality. Pada penelitian dilakukan perancangan permainan menggunakan virtual reality dan dilakukan pengujian terhadap permainan yang telah dirancang sebagai media rehabilitasi penderita Cerebral Palsy menggunakan teknologi virtual reality. Selain itu, pada penelitian ini juga akan fokus terhadap Physical Activity Enjoyment Scale (PACES) untuk mengukur minat penderita Cerebral Palsy dalam melakukan rehabilitasi menggunakan pendekatan teknologi virtual reality. Perancangan permainan sebagai media rehabilitasi Cerebral Palsy pada penelitian ini yaitu PATRON dengan menggunakan dua permainan yang berbeda dengan terdapat dua hingga tiga skenario pada permainannya, permainan pertama partisipan harus menangkap bola yang muncul dengan ukuran diameter yang berbeda-beda dan permainan kedua partisipan akan menangkap bola yang dilempar oleh musuh dengan kecepatan yang berbeda-beda. Adapun variabel yang digunakan yaitu diameter, speed of ball dan gerak musuh sebagai variabel independen, dan completion time, mission completion, dan accuracy sebagai variabel dependen. Terdapat lima partisipan pada penelitian Tugas Akhir ini yang diharapkan dapat melihat efektivitas dan efisiensi pemanfaatan teknologi teknologi virtual reality dengan menggunakan permainan PATRON. Berdasarkan hasil permainan tiap partisipan, akan dilakukan rekapitulasi data, kemudian dilakukan pengolahan data dengan menggunakan repeated-measures (RM) ANOVA serta pengolahan data secara kualitatif dengan menggunakan PACES Questionnaire. Hasil perhitungan menggunakan RM ANOVA didapatkan bahwa seluruh variabel independen mempengaruhi variabel dependen, dan terdapat peningkatan yang dialami oleh partisipan dilihat dari trial pertama dan trial kedua Selain itu terdapat beberapa perbedaan yang signifikan pada rata-rata trial 1 dan 2 yaitu tingkat accuracy yang dipengaruhi oleh diameter bola di game 1, selain itu tidak ada yang mengalami perbedaan yang signifikan pada trial 1 dan 2. Selain itu penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk rehabilitasi pada pasien penderita Cerebral Palsy untuk dapat meningkatkan kemampuan sistem motoriknya dengan pendekatan aplikasi game yang memanfaatkan teknologi virtual reality. ====================================================================================================== Cerebral Palsy sufferers require long-term rehabilitation to exercise and train lost body functions such as participating in activities of daily living. One of the developments in rehabilitation media is to use virtual reality technology. In the study, the design of games using virtual reality was carried out and testing was carried out on games that had been designed as rehabilitation media for Cerebral Palsy sufferers using virtual reality technology. In addition, this study will also focus on the Physical Activity Enjoyment Scale (PACES) to measure the interest of Cerebral Palsy sufferers in rehabilitation using a virtual reality technology approach. The design of the game as a rehabilitation medium for Cerebral Palsy in this study is PATRON by using two different games with two to three scenarios in the game, the first game the participant has to catch the ball that appears with different diameter sizes and the second game the participant will catch the ball that is different. thrown by the enemy at different speeds. The variables used are diameter, speed of ball, and enemy motion as independent variables, and completion time, mission completion, and accuracy as dependent variables. There are five participants in this Final Project who are expected to see the effectiveness and efficiency of using virtual reality technology using the PATRON game. Based on the results of each participant's game, data recapitulation will be carried out, then data processing is carried out using repeated-measures (RM) ANOVA and qualitative data processing using the PACES Questionnaire. The results of calculations using RM ANOVA showed that all independent variables affected the dependent variable, and there was an increase experienced by participants seen from the first trial and second trial. In addition, there were some significant differences in the average trials 1 and 2, namely the level of accuracy which was influenced by diameter. In-game 1, there was no significant difference between the balls in game 1 and trials 1 and 2. In addition, this research is expected to be able to contribute to the rehabilitation of patients with Cerebral Palsy to be able to improve their motor system abilities with a game application approach that utilizes virtual reality technology.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cerebral Palsy, Teknologi virtual reality games, Rehablitasi, PACES Questionnaire, Repeated measures ANOVA ===================================================== Cerebral Palsy, Virtual reality games technology, Rehabilitation, PACES Questionnaire, Repeated measures ANOVA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QP Physiology > QP34.5 Human engineering
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aldi Yustisia Supriatna
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:34
Last Modified: 12 Aug 2021 03:34
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/85672

Actions (login required)

View Item View Item