Kajian Pelayanan Air Siap Minum Di KEK Mandalika

Maulana, Ananda Alfan (2021) Kajian Pelayanan Air Siap Minum Di KEK Mandalika. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211950020002_Ananda Alfan Maulana_Master Thesis.pdf] Text
03211950020002_Ananda Alfan Maulana_Master Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of 03211950020002_Ananda Alfan Maulana_Master Thesis.pdf] Text
03211950020002_Ananda Alfan Maulana_Master Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Seusai dengan Rencana Detail Masterplan KEK Mandalika Tahun 2016 dan Rencana Pengembangan SPAM di KEK Mandalika Tahun 2018-2033, sistem penyediaan air minum (SPAM) di KEK Mandalika akan dikembangkan menjadi pelayanan air siap minum dengan 2 (dua) sumber air yaitu 70% pelayanan menggunakan hasil olahan air laut SWRO ITDC Mandalika dan 30% pelayanan menggunakan hasil olahan air PDAM Kabupaten Lombok Tengah. Fokus penelitian kali ini adalah mengkaji pelayanan air siap minum yang bersumber dari PDAM Kabupaten Lombok Tengah dengan 4 (empat) aspek kajian yaitu aspek sosia-ekonomi, aspek teknis, aspek finansial, dan aspek risiko.
Aspek sosial-ekonomi bertujuan untuk mengetahui calon konsumen dari pelayanan air siap minum nantinya apakah bersedia dan mampu untuk membayar tarif air siap minum yang ditetapkan. Metode yang digunakan yaitu dengan survei langsung dan penyebaran kuesioner kepada pada para calon konsumen/responden pelayanan air siap minum. Aspek teknis bertujuan untuk mengetahui kualiatas air PDAM, total kebutuhan air siap minum di KEK Mandalika yang harus dipasok PDAM, dan teknologi pengolahan air siap minum yang digunakan. Aspek finansial bertujuan untuk mengetahui dan menghitung kelayakan finansial dari pelayanan air siap minum menggunakan parameter kelayakan finansial NPV, IRR, dan PP serta penentuan tarif air siap minum. Aspek risiko bertujuan untuk mengetahui risiko apa saja yang muncul dalam perealisasian pelayanan air siap minum. Analisis risiko menggunakan metode mitigasi risiko yang dilengkapi dengan matriks risiko PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PT.PII).
Hasil yang diperoleh untuk aspek sosial-ekonomi, dari 15 responden keseluruhannya bersedia untuk menjadi konsumen pelayanan air siap minum dengan kemampuan membayar mayoritas (73%) berkisar antara Rp 21.000,- sampai Rp 36.000,- (Willingness to Pay dan Ability to Pay). Untuk aspek teknis, dari total kebutuhan air siap minum sebesar 20.210 m3/hari PDAM harus mampu memasok sebanyak 6.036 m3/hari (30% pelayanan) dengan debit pengaliran 75 L/detik. Kualitas air hasil olahan PDAM belum memenuhi parameter besi (Fe), mangan (Mn), dan total coliform yang mengharuskan dibuatnya unit pengolahan air siap minum dengan teknologi terpilih yaitu menggunakan oksidasi oksigen, rapid sand filter, dan desinfeksi klorinasi dan membutuhkan lahan seluas 728,1 m2. Untuk aspek finansial, ditentukan 3 (tiga) alternatif tarif yaitu tarif 1 Rp. 13.500,- (tarif eksisting PDAM), tarif 2 Rp 28.000,- (tarif hasil survey Willingness to Pay dan Ability to Pay), dan tarif 3 Rp 36.000,- (tarif survey termahal dibawah harga air SWRO ITDC). Setelah dilakukan perhitungan kelayakan finansial , ditetapkan tarif yang layak secara finansial dan korelasi antara hasil Willingness to Pay dan Abiliy to Pay yaitu tarif 2 Rp 28.000,-. Untuk aspek resiko, mitigasi risiko akan dialokasikan kepada pihak yang dinilai dapat menanggulangi risiko tersebut secara tepat sesuai dengan matriks alokasi risiko dari PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia yang biasa digunakan untuk proyek yang menggunakan prinsip KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha). Hasil alokasi risiko menunjukan 56% risiko akan menjadi tanggung jawab Badan Usaha dan 44% risiko lainnya akan menjadi tanggung jawab Pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: air siap minum, KEK Mandalika, tarif, teknologi pengolahan air siap minum, risiko drinking water, drinking water treatment technology, Mandalika SEZ, rates, risks
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD233 Water consumption
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD259.2 Drinking water. Water quality
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD433 Water treatment plants
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD481 Water distribution systems
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ananda Alfan Maulana
Date Deposited: 12 Aug 2021 09:11
Last Modified: 25 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85732

Actions (login required)

View Item View Item