Analisis Brand Awareness dan Sentiment Analysis dengan Media Sosial Twitter pada Produk Laptop di Indonesia

Purba, Romi Yehezkiel (2021) Analisis Brand Awareness dan Sentiment Analysis dengan Media Sosial Twitter pada Produk Laptop di Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950093001-Master_Thesis.pdf] Text
09211950093001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial pada saat ini merupakan media komunikasi yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu media sosial yang populer saat ini adalah twitter. Media sosial twitter menampilkan informasi yang sangat beragam dari masyarakat. Data dari informasi tersebut dapat diolah menjadi analisa sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sentimen analisis masyarakat yang berupa sentimen positif, netral, dan negatif. Masukan data merupakan data tweet dari konsumen produk laptop ASUS, ACER, dan Apple dan hasilnya akan memperlihatkan visualisasi data sentimen positif, netral, dan negatif. Analisis sentimen yang digunakan pada penelitian ini adalah fine-grained sentiment analysis dengan metode lexicon-based. Lexicon yang digunakan adalah InSet (Indonesia Sentiment Lexicon) yang dibangun oleh Fajri Koto dan Gemala Y. Rahmaningtyas. Hasil sentiment analysis menunjukkan bahwa ketiga brand lebih banyak memiliki sentimen positif dibanding dengan sentimen negatif. Metrik NBR (Net Brand Reputation) menunjukkan bahwa produk ASUS memiliki sentimen reputasi terbaik dengan skor 25%, diikuti oleh ACER dengan 24%, dan Apple dengan 7%. Metrik BFT (Brand Favorable Talkability) menyimpulkan bahwa ACER memiliki reputasi terbaik dengan Peringkat BFT 65%, diikuti oleh ASUS dengan 62%, dan Apple dengan 45%. Sementara itu,hasil dari analisis brand awareness memperlihatkan bahwa brand Apple memiliki tingkat brand awareness tertinggi, diikuti oleh brand ASUS dan kemudian brand ACER.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, twitter, laptop, berbasis lexicon, Sentiment analysis, twitter, laptop, lexicon-based
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ)
Depositing User: Romi Yehezkiel Purba
Date Deposited: 12 Aug 2021 09:33
Last Modified: 12 Aug 2021 09:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85766

Actions (login required)

View Item View Item