Penilaian Risiko pada Proses Pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit di PT.PAL INDONESIA (PERSERO)

Virdianto, Steve Mario (2021) Penilaian Risiko pada Proses Pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit di PT.PAL INDONESIA (PERSERO). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950016001-Master_Thesis.pdf] Text
09211950016001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 09211950016001-Master_Thesis.pdf] Text
09211950016001-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan kapal baru di Indonesia sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dari dalam negeri yang sangat banyak. Dalam proses pembangunan kapal baru terdapat potensi risiko yang saling mempengaruhi satu dengan lainnya yang menyebabkan proses pembuatan kapal menjadi terlambat dan dampak yang diakibatkan yaitu penalty atau bahkan sampai dengan pemutusan kontrak. PT.PAL Indonesia (Persero) mendapatkan kepercayaan untuk mengerjakan Proyek pembuatan Kapal Bantu Rumah Sakit pertama untuk TNI-AL Indonesia. Perubahan kontrak yang awalnya lama pengerjaaan 30 bulan diadendum menjadi 32 bulan untuk mengakomodasi keterlambatan proyek dari rencana 66,5% terealisasi sebesar 64,76%. Jika keterlambatan terus berlangsung akan berdampak pada pembayaran termyn tahap selanjutnya. Oleh karena itu, penilaian risiko perlu dilakukan pada pembangunan kapal baru untuk menentukan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi mitigasi terhadap potensi prioritas risiko pada pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit TNI-AL dalam tahun anggaran 2020/2021.
Penelitian ini dilakukan melalui 3 tahapan. Tahap pertama yaitu mengidentifikasi potensi risikonya melalui kuisioner kepada stakeholder yang berpengaruh dan mempunyai kepentingan di PT. PAL Indonesia (Persero). Tahap kedua adalah menilai potensi risiko yang mempunyai Risk Priority Number (RPN) tertinggi melalui metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Tahap terakhir yaitu mengidentifikasi strategi mitigasi melalui proses Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan strategi mitigasi yang sudah dilakukan dan yang belum dilakuan. Berdasarkan list strategi mitigasi yang didapatkan, penentuan prioritas mitigasi dilakukan dengan mengunakan. metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Data diperoleh melalui wawancara FGD dan kuisioner kepada 5 responden yang memiliki pengaruh dan kepentingan dengan proyek Kapal Bantu Rumah Sakit.
Hasil akhir dari FMEA dan FGD terdapat 4 risiko yang mempunyai nilai RPN tertinggi di setiap bagian pembuatan kapal beserta strategi mitigasinya yaitu pada risiko perubahan spesifikasi alat kesehatan (RPN: 64) dengan 6 strategi mitigasi, risiko keterbatasan skill worker bidang installation & commissioning alat kesehatan (RPN:48) dengan 4 strategi mitigasi, risiko Keterlambatan Material (RPN : 36,18) yang mempunyai 4 strategi mitigasi dan terakhir adalah risiko keterlambatan proses pekerjaan produksi (RPN : 21,76) dengan 4 strategi mitigasi. Pembobotan prioritas dengan menggunakan AHP diperoleh urutan prioritas dari tiap risiko juga prioritas langkah mitigasi yang bisa dijadikan acuan agar keterlambatan pembangunan kapal tidak terjadi dikemudian hari.
=========================================================
The construction of new ships in Indonesia is very much needed to meet the many domestic needs. In the process of building a new ship, there are potential risks that affect each other which causes the shipbuilding process to be delayed and the resulting impact is a penalty or even termination of the contract. PT. PAL Indonesia (Persero) was trusted to work on the first Hospital Aid Shipbuilding Project for the Indonesian Navy. Changes in the contract which initially took 30 months to work were added to 32 months to accommodate project delays from the 66.5% plan, which was realized at 64.76%. If the delay continues, it will have an impact on the next stage of payment terms. Therefore, a risk assessment needs to be carried out on the construction of a new ship to determine the necessary mitigation measures. This study aims to develop a mitigation strategy for potential priority risks in the construction of the Indonesian Navy Hospital Aid Ship in the 2020/2021 budget year.
This research was conducted through 3 stages. The first stage is to identify the potential risks through a questionnaire to stakeholders who are influential and have an interest in PT. PAL Indonesia (Persero). The second stage is to assess the potential risk that has the highest Risk Priority Number (RPN) through the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) method. The last stage is to identify mitigation strategies through the Focus Group Discussion (FGD) process to obtain mitigation strategies that have been carried out and those that have not been carried out. Based on the list of mitigation strategies obtained, the determination of mitigation priorities is carried out using Analytical Hierarchy Process (AHP) method. Data were obtained through FGD interviews and questionnaires to 5 respondents who had influence and interest in the Hospital Aid Ship project.
The final result of the FMEA and FGD there are 4 risks that have the highest RPN value in each shipbuilding section and their mitigation strategies, namely the risk of changing medical equipment specifications (RPN: 64) with 6 mitigation strategies, the risk of limited worker skills in the installation & commissioning of medical equipment ( RPN: 48) with 4 mitigation strategies, Material Delay risk (RPN: 36.18) which has 4 mitigation strategies and the last is the risk of delays in the production work process (RPN: 21.76) with 4 mitigation strategies. Priority weighting using AHP is obtained in order of priority for each risk as well as priority mitigation measures that can be used as a reference so that shipbuilding delays do not occur in the future.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process. Failure Mode and Effect Analysis, pembangunan kapal baru, penilaian risiko
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Steve Mario Virdianto
Date Deposited: 13 Aug 2021 09:00
Last Modified: 13 Aug 2021 09:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85844

Actions (login required)

View Item View Item